10 Jurusan Paling Diminati Para Peserta SBMPTN dan SNMPTN

0
2240
Via jogjastudent.com

anakusu.com – Medan : Beberapa bulan kedepan akan menjadi fase-fase bagi siswa-siswi Indonesia untuk menentukan Pilhan masa depannya, setelah sekolah akan bekerja atau melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi kah? Jika melanjutkan ke jejang perguruan tinggi sudah saatnya kamu mulai menentukan jurusan apakah yang akan kamu pilih.

Berikut ini anakusu.com akan memberi gambaran jurusan apakah yang sangat diminati oleh calon mahasiswa versi jogjastudent.com

 

1. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika cukup sering menempati posisi teratas untuk jurusan terfavorit di SNMPTN dan SBMPTN. Hal ini tidak mengherankan karena zaman sekarang merupakan era teknologi, sehingga banyak mahasiswa baru yang tertarik dengan bidang informatika. Selain itu, jurusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang cukup baik dan pilihan profesi yang beragam. Sebab, kemampuan mengoperasikan komputer cukup dibutuhkan di berbagai pekerjaan saat ini. Seperti pengembang web, web desainer, dsb.

2. Kedokteran

Kebanyakan dari kita mungkin selalu menjawab bercita-cita menjadi dokter ketika ditanya seseorang. Sebab, dokter dilihat sebagai profesi yang mulia dengan bonus bayaran yang cukup tinggi. Tidak mengherankan bila jurusan Kedokteran selalu menjadi favorit calon mahasiswa baru di PTN dan PTS di Indonesia. Padahal dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk belajar di jurusan Kedokteran. Demi menembus jurusan Kedokteran, calon mahasiswa baru pun rela belajar dengan keras karena peluang penerimaannya cukup kecil dibandingkan dengan jurusan lainnya.

3. Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil adalah aplikasi dari ilmu Teknik yang berfokus pada kegiatan perencanaan, pembangunan, dan pemeliharaan lingkungan sebuah konstruksi. Dengan begitu, kamu dituntut untuk memiliki kemampuan matematika dan fisika yang cukup baik karena dua hal tersebut sering digunakan dalam kegiatan perkuliahan dan praktik lapangan.

Salah satu alasannya adalah meningkatnya industri properti di Indonesia seperti banyaknya pembangunan gedung perkantoran, perumahan, sampai mal.

Seorang lulusan jurusan Teknik Sipil bisa bekerja di berbagai perusahaan, seperti perusahaan konstruksi, perusahaan agen properti, perusahaan konsultan properti, asuransi, dan lainnya. Kalau kamu menjadi seorang insinyur Teknik Sipil, kamu lebih banyak beraktivitas di lapangan untuk membuat perencanaan pembangunan dan mengevaluasi kinerja para pekerja bangunan.

4. Farmasi

Peluang kerjanya pun cukup luas, seperti apoteker sampai pegawai perusahaan nasional atau asing. Karena itu, jurusan Farmasi pun menjadi jurusan yang sering diminati banyak calon mahasiswa baru.

5. Ilmu Kesehatan Masyarakat

Jurusan Ilmu Kesehatan berbeda dengan Jurusan Farmasi, di mana jurusan Ilmu kesehatan mengacu pada penelitian pola makanan dan kesehatan masyarakat. Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana menjaga dan memperbaiki standar hidup masyarakat. Dintaranya dengan melakukan penelitian makanan dan kesehatan.

6. Manajemen

Pada bidang Soshum, jurusan Manajemen selalu menempati posisi teratas pada SNMPTN dan SBMPTN. Hal ini tak mengherankan karena peluang karir dari jurusan Manajemen sangat luas dan beragam, di antaranya wirausahawan, pengelola usaha, konsultan manajemen dan bisnis, konsultan pemasaran, manajer keuangan, hingga instruktur program pelatihan.

7. Akuntansi

Tak berbeda jauh dengan jurusan Manajemen, jurusan Akuntansi pun selalu menjadi incaran calon mahasiswa baru karena peluang kerja yang ditawarkan sangat luas dan beragam, serta ditunjang jumlah gaji yang oke. Contohnya, pekerjaan menjadi tenaga pendidik, Pegawai Negeri Sipil (PNS), sektor swasta, BUMN dan organisasi non pemerintah, kantor akuntan publik, dan wirausaha. Sekadar informasi untuk kamu yang belum tahu, bila kamu menempuh jurusan Akuntasi, maka kamu akan dibekali dengan ilmu akuntansi, keuangan, kegiatan bisnis dan pengorganisasiannya.

8. Hukum

Jurusan Hukum memiliki image yang bagus bagi sebagian orang, sehingga tidak sedikit calon mahasiswa baru yang mengincar jurusan tersebut. Sebab, seorang lulusan jurusan Hukum bisa memiliki pekerjaan yang dianggap prestisius, seperti pengacara, notaris, dan lain-lain.

9. Komunikasi

Dalam jurusan Komunikasi, kamu akan mempelajari berbagai hal mengenai ilmu berkomunikasi, media massa, hingga relasi publik. Peluang kerja dari jurusan Komunikasi pun sangat luas, seperti bidang broadcasting, jurnalistik, public relations, advertising, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi massa, dan komunikasi bisnis.

 

10. Psikologi

Dalam jurusan Psikologi, kamu akan mengetahui aspek tingkah laku manusia, perwatakan, karakter, dan kebiasaan seorang individu. Ketika lulus, seorang lulusan jurusan Psikologi bisa bekerja di perusahaan di bagian HRD. Atau kamu bisa menjadi seorang psikolog dan tenaga medis.

Pilihan bisa saja berubah-berubah yaa sobat kampus begitu juga dengan daftar Peminat, Banyak atau sedikit peminat jurusan adalah bukan halangan kamu untuk memilih jurusan tersebut, Banyaknya Peminat mungkin bisa jadi motivasi kamu untuk belajar lebih giat.

Jadilah diri sendiri dalam menentukan jurusan yang akan kamu ambil sob karna masa depan adalah milik kamu pribadi.

Good luck!

LEAVE A REPLY