Prof. Aznan Lelo, Guru Besar FK USU.

Berbicara tentang masalah kesehatan memang tidak akan pernah habis yaa sob, mulai dari sistem lingkungan yang tidak mendukung terciptanya udara yang sehat sampai jeratan kemiskinan yang ikut-ikutan menjadi faktor kenapa kesehatan di negara kita masih sangat kurang.

Karna hak untuk sehat bukan hanya milik yang mampu saja, ini pulalah yang mendorong Prof Dr Aznan Lelo PhD SpFK. Guru Besar Fakultas Kedokteran USU untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan tidak terbebani dengan mahalnya biaya perobatan.

Prof. Aznan Lelo Via Serambiminang.com
Prof. Aznan Lelo Via Serambiminang.com

Sebuah bangunan tua di kawasan Jln. Puri Medan, Kelurahan Komat, Kecamatan Medan Area, Medan Sumatera Utara, kerap didatangi orang-orang yang mengendarai becak, sepeda motor, hingga mobil. Mereka adalah pasien seorang dokter yang akrab disapa Buya ini.

Di kediamannya itu, guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) ini membuka praktik tanpa memasang papan nama, kepada pasiennya dia tidak memasang tarif. Pasien membayar jasa konsultasi dan obat racikannya sesuka hati. Resepnya untuk obat apotek pun terjangkau. Cukup fenomenal.Mengisi amplop sekehendak hati.

Karna kebaikannya ini pulalah ia mempunyai kesempatan untuk di undang oleh Metro TV pada acara Kick Andy Show dan menceritakan kontribusinya kepada negri untuk bisa menyehatkan pasien-pasien yang datang.

Prof. Aznan pada saat Briefing menjelang taping
Prof. Aznan pada saat Briefing menjelang taping

Ada yang menarik dari pernyataan Prof. Aznan pada saat tayangan ini berlangsung, Yaitu 3 Nasehatnya yang berisi :
Ada tiga profesi yang jika orang datang pada kita, kita tidak boleh menentukan tarif
1. jika orang yang datang ingin belajar pada kita
2. Jika ada orang yang ingin meminta nasehat pada kita
3. Jika ada orang yang datang berobat pada kita.

Dokter bagi Prof. Aznan, adalah profesi yang tidak boleh menetapkan tarif jasa pembayaran. Sama halnya seperti dua profesi lainnya, yakni pengacara dan guru. “Yang datang ke pengacara itu kan orang meminta nasihat, datang ke guru karena orang mau belajar, datang ke dokter karena orang mau minta pengobatan. Terkecuali karena ilmu kita dia pintar lalu dia kaya, terus dia memberikan sesuatu tidak kita minta, boleh. Jadi, tiga profesi ini mestinya tak boleh membuat tarif,” Tandasnya.

Episode Kick Andy ini akan tayang pada 1 april 2016 pkl 20.00 wib dan tayangan ulang pada 2 april 2016 pkl 13.30 wib.

LEAVE A REPLY