Menjadi entrepreneur berarti menjadi pribadi yang terus belajar. Belajar tak pernah lepas dari yang namanya membaca buku. Itu mengapa ada tipikal dosen yang mengharuskan mahasiswa sudah melahap satu bab text book sebelum mengikuti kelasnya. Dosen menginginkan mahasiswa terbuka cakrawala berpikirnya.

Sebelum memulai bisnis di bangku kuliah, satu hal yang penting dilakukan adalah membaca buku-buku tentang entrepreneur. Dari bacaan tersebut dapat diambil pelajaran berharga mengenai tantangan apa saja yang ditemui saat memulai usaha, metode dalam menyelesaikan masalah dan mental yang harus dimiliki entrepreneur.

Sudah ingin menjadi entrepreneur di bangku kuliah, tapi masih bingung buku-buku apa yang perlu dibaca. Berikut ini rangkuman anakusu.com dari Tech in Asia, 5 buku yang wajib dibaca oleh mahasiswa calon entrepreneur:


1. Think and Grow Rich

think and grow rich napoleon hill

Think and Grow Rich dikenal sebagai Kakek moyang buku-buku pembangkit motivasi. Penulis, Napoleon Hill menghabiskan banyak dana dan sebagian besar umurnya untuk mencari rumus rahasia filosofi: Hukum Kesuksesan yang menjadi landasan penulisan buku ini. Di dalam versi asli buku Think and Grow Rich yang terbit tahun 1937, Napoleon Hill banyak menggunakan kisah sukses Andrew Carnegie, Thomas Edison, Henry Ford, dan tokoh-tokoh jutawan dari jamannya sebagai ilustrasi bagi prinsip-prinsip sukses yang ditulisnya.

2. The Art of War

the art of war sun tzu

Buku “The Art of War” karya Sun Tzu ini menjelaskan bagamina cara memenangkan suatu kompetisi yaitu dengan strategi yang jelas dan perencanaan yang rapih. Dalam dunia bisnis, tentunya dibutuhkan manajemen perencanaan strategi berupa business plan yang matang, jelas, dan terstruktur.

3.Outliers: The Story of Success

the story of success

Inilah buku yang menjelaskan mengenai “10.000 hours rule” dimana untuk mencapai kesuksesan kita harus mengeluarkan waktu dan tenaga secara produktif selama 10.000 jam yang disukai. Buku ini memberikan pemahaman bahwa mencapai kesuksesan dalam mendirikan bisnis memerlukan proses yang panjang, bahkan bisa jadi memerlukan pengalaman setidaknya selama 10.000 jam. Tidak ada jalan pintas untuk sukses dalam mendirikan bisnis. Buku ini salah satu referensi untuk memantapkan pemahaman arti sebuah proses menuju kesuksesan yang berliku.

4. The Lean Startup

the lean startup eric ries

Buku “The Lean Startup” karya Eric Ries ini menceritakan dalam menjalankan startup bisnis harus berpikir cerdik dan tidak bisa menggunakan metode gaya perusahaan yang sudah besar. Salah satu gaya cepat dalam hal mengeksekusi yaitu dengan metode “lean startup” yang merupakan metode meminimalisasi risiko dalam membangun bisnis, terutama dengan cara mengandalkan iterasi (langkah pengulangan) produk ke market untuk mendapatkan feedback yang berkualitas secepat mungkin dan sesering mungkin dari market.

5. The Perfect Store: Inside eBay

ebay
Buku “The Perfect Store: Inside eBay” ini ditulis pada tahun 2003 yang mengisahkan sejarah berdirinya situs jual-beli online eBay.com sebagai salah satu startup yang pertama didirikan dan sukses. Di buku ini diungkapkan bagaimana eBay dimulai di sebuah garasi dengan sumber daya yang sangat terbatas namun dapat menjadi salah satu situs jual-beli online terbesar di dunia.

Itu 5 buku yang wajib dibaca mahasiswa calon entrepreneur hasil rangkuman anakusu.com. Silahkan ditambahkan dengan buku-buku tentang entrepreneur yang sudah teman-teman baca di kolom komentar.

LEAVE A REPLY