7 Tips Mengatur Keuangan Untuk Mahasiswa Rantau

    0
    3032
    Sebagai seorang mahasiswa, terutama para perantau, mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah. Uang kiriman setiap bulan yang diberikan orangtua habis begitu saja tanpa tahu kemana perginya. Berikut adalah tips mengatur keuangan untuk mahasiswa perantau.
    1. Membuat anggaran
    ilustrasi-anggaran-belanja-usaha
    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat anggaran, baik pemasukan maupun pengeluaran. Perkirakan berapa pemasukan dan pengeluaran Kamu selama satu bulan ke depan. Buatlah pos-pos anggaran seperti makan, transportasi, pulsa, jalan-jalan, belanja bulanan, maupun pos lain yang dibutuhkan. Buatlah sedetail mungkin dan perhitungkan baik-baik. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.
    2. Bedakan kebutuhan dan keinginan
    kebutuhan-dan-keinginan
    Di awal bulan, terkadang keinginan untuk berbelanja meningkat karena kiriman baru datang. Berilah prioritas untuk kebutuhan Kamu, seperti makan, fotokopi, bayar kos, dan peralatan mandi. Semua itu Kamu butuhkan agar dapat bertahan hidup sebagai mahasiswa perantau.
    Berbeda dengan keinginan yang tidak selalu harus dipenuhi, misalnya jalan-jalan, nongkrong di cafe, nonton, membeli tas baru, baju baru, dan lainnya. Kuncinya adalah memprioritaskan kebutuhan baru memenuhi keinginan. Jangan sampai di akhir bulan Kamu harus puasa.
    3. Mencatat
    definisi-laporan-keuangan
    Tips mengatur keuangan untuk mahasiswa perantau selanjutnya adalah mencatat pemasukan maupun pengeluaran yang dilakukan setiap harinya. Cara ini akan membantu untuk mengevaluasi keuangan Kamu.
    4. Jangan manja
    laundry
    Tinggal jauh dari kelaurga membuat Kamu harus serba mandiri, termasuk memasak, mencuci, menyetrika, dan lainnya. Ketika Kamu punya waktu luang, kerjakanlah semua sendiri. Uang laundry atau jajan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Kamu yang lain. Cobalah hitung penghematan yang Kamu lakukan jika mencuci atau memasak sendiri.
    5. Bawa uang secukupnya
    278477_ilustrasi-penggelapan-uang_663_382
    Membawa uang dalam jumlah besar di dompet dapat memicu keinginan untuk berbelanja. Ketika jumlah uang terbatas, keinginan tersebut dapat diredam sehingga Kamu lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang.
    6. Kenali lingkungan
    nDlJ5UVhsl
    Lingkungan di sini tidak hanya mencakup daerah kos, tetapi juga lingkungan pergaulan. Pilihlah kos yang sesuai dengan kemampuan finansial Kamu. Kenali pula tempat makan yang murah di daerah sekitar kampus dan kos. Pergaulan yang tidak sesuai kemampuan finansial akan membuat Kamu terpaksa mengikuti ke mana teman pergi, padahal budget terbatas. Oleh karena itu pintar-pintarlah memilih kemana dan kapan Kamu bisa pergi.
    7. Menabung
    menabung
    Ini adalah tips terakhir agar Kamu mempunyai dana cadangan. Dana ini bisa digunakan ketika sakit, servis kendaraan yang tiba-tiba rusak, maupun kebutuhan lain yang mendadak. Tabungalah 10-20% dari uang jajan Kamu.
    Itulah tips mengatur keuangan untuk mahasiswa perantau. Selamat mencoba dan melihat hasilnya.

    LEAVE A REPLY