Ada Patung Muruguan Tertinggi Kedua Dunia di Sumut

0
1953

Sudah pernah ke Batu Caves? Atau sekadar menginjakkan kaki di Malaysia? Kalau jawabannya belum, jangan sedih ya. Sebab di Sumatera Utara, tepatnya di Kab. Langkat, punya ‘kembarannya’ nih. Walaupun gak sama persis – dengan yang di sana, bolehlah foto-foto di sini.

Adalah Kuil Sri Raja Rajesweri Amman Koil, terletak di Jalan Ibadah, Desa Padang Cermin, Kec. Selesai, Kab. Langkat, Sumatera Utara. Kuil yang terletak 35 km dari Medan itu diresmikan oleh Dirjen Bimas Hindu Prof. Dr. IBG. Yudha Triguna pada tanggal 28 Oktober 2012. Bangunan kuil ini mirip dengan Kuil Sri Mariamman yang berdiri di Kampung Madras Medan. Siapa saja diperbolehkan masuk ke kuil ini, tetapi dengan syarat melepas alas kaki dan menjaga sikap.

PicsArt_1444751066196PicsArt_1444751261940Kuil Sri Raja Rajesweri Amman Koil memiliki Patung Dewa Shri Muruguan setinggi 17 meter di halamannya. Patung tersebut diklaim sebagai Patung Dewa Shri Muruguan terbesar kedua di dunia setelah Patung Dewa Shri Muruguan setinggi 42.7 meter yang terletak di Batu Caves, Malaysia.

Selain itu, terdapat tiga patung monyet di sebelah timur laut kuil yang menampilkan satu contoh keteladanan, yaitu monyet pertama menutup matanya (dengan kedua telapak tangan) yang dapat diartikan sebagai janganlah melihat yang tidak baik, monyet kedua menutup mulutnya (dengan kedua telapak tangan) yang dapat diartikan sebagai janganlah berkata yang tidak baik, dan monyet ketiga menutup telinganya (dengan kedua telapak tangan) yang dapat diartikan sebagai janganlah mendengar yang tidak baik.

PicsArt_1444751480798Nah, bagaimana? Penasaran, kan? Pokoknya minggu ini kelen harus ke sini. Titik!

LEAVE A REPLY