Ada yang Unik di Deli Serdang!

0
1465

Mumpung libur masih panjang dan dosen pembimbing lagi keluar kota, tidak ada salahnya Sobat Kampus mengunjungi tempat wisata unik satu ini. Hamparan bebatuan yang memiliki cekungan-cekungan seperti papan congkak (dokan) dan alunan suara jeram akan membuat Sobat takjub serta menyadari bahwa Sumatera Utara memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Bebatuan Pantai Salju - Dokumen Pribadi
Bebatuan Pantai Salju – Dokumen Pribadi
Foto7
Penulis Ketika Mengunjungi Pantai Salju – Dokumen Pribadi

Namanya Pantai Salju, terletak di Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Deli Serdang. Air pantai ini merupakan aliran Sungai Buaya yang hulunya berada di Gunung Meriah (Simalungun). Mungkin saat Sobat membaca artikel ini timbul dua pertanyaan:(1) kenapa disebut pantai kalau hanya di pinggir sungai? (2) kenapa disebut Pantai Salju padahal tidak ada saljunya? Jawabannya ada di ujung langit. Kita ke sana dengan seorang anak. Anak yang tangkas. Dan juga pemberani. Bertarunglah Dragon Ball dengan segala kemampuan yang ada. Bila kembali dari langit. Semoga hidupkan jadi lebih baik!

Jawaban sebenarnya, karena airnya bersih dan sungainya luar, sehingga bibir sungai menyerupai bibir pantai. Lalu air yang mengalir di batu-batu cadas memecah seperti salju. Oleh karena itu tempat tersebut disebut sebagai Pantai Salju.

Foto3
Memancing – Dokumen Pribadi

Dibutuhkan waktu lebih kurang tiga jam dari Medan untuk sampai ke pantai ini dengan kendaraan pribadi. Tidak diketahui secara pasti berapa ongkos masuk, sebab belum ada patokan harga resmi dan masih dilakukan oleh warga setempat saja. Namun dari berbagai sumber menyebutkan sekitar Rp15.000 atau terkadang Rp25.000 per mobil. Pengalaman penulis ketika mengunjungi tempat ini (Rabu, 03/08/16) dengan menggunakan sepeda motor, tidak dikutip biaya masuk dan parkir. Fasilitas yang tersedia tempat sholat, warung jajanan, toilet, penyewaan ban (Rp5.000), pondok-pondok (Rp15.000–Rp25.000), dan pelataran parkir.

Bebatuan di Tengah Sungai - Dokumen Pribadi
Bebatuan di Tengah Sungai – Dokumen Pribadi

Nah, jadi gimana, Sob? Pantai Salju masuk daftar tempat wisata yang akan kamu kunjungi bulan ini, kan? Jangan lupa ajak-ajak Admin ya!

LEAVE A REPLY