Beasiswa Toyota Astra untuk Mahasiswa S1 dan Pascasarjana 2017

0
5204

Yayasan Toyota Astra (YTA) didirikan pada tahun 1974 oleh PT Astra International Tbk dan PT Toyota Astra Motor. Yayasan ini melakukan beberapa program dalam bidang pendidikan, diantaranya berupa beasiswa reguler untuk mahasiswa S1, beasiswa tesis / disertasi serta bantuan penelitian dan kegiatan ilmiah. Berikut informasi mengenai Beasiswa Toyota Astra.

Beasiswa Toyota Astra untuk Mahasiswa On-going

A. Beasiswa Reguler S1 Yayasan Toyota Astra Tahun 2017 – 2018
Penyelenggaraan beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian nyata YTA terhadap dunia pendidikan nasional. Untuk tahun ini ditetapkan kuota sebesar 550 orang mahasiswa S1 dari 34 Perguruan Tinggi terpilih di seluruh Indonesia yang akan mendapatkan Beasiswa Toyota Astra sebesar Rp 250.000,- per bulan. Tujuan pemberian beasiswa ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa berprestasi agar dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.

Persyaratan:

1. Merupakan mahasiswa/i berkebangsaan Indonesia.
2. Menekuni bidang studi Teknik (Jurusan Mesin, Elektro, Sipil, Arsitek, Kimia, Industri, Lingkungan dan Teknologi Informatika), MIPA, Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.
3. Tahun ajaran 2017/2018 berada di semester V atau VII.
4. Memiliki IPK minimal 3,00.
5. Belum bekerja tetap dan tidak sedang mendapatkan Beasiswa/Ikatan Dinas dari Lembaga atau Instansi lain.
6. Permohonan diajukan secara kolektif melalui Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan masing-masing perguruan tinggi paling lambat tanggal 30 September 2017 (cap pos).
7. Apabila sampai batas waktu diatas, formulir permohonan belum diterima YTA, maka dengan sendirinya dinyatakan gugur.

Keputusan nama-nama penerima beasiswa akan diumumkan Yayasan Toyota dan Astra melalui Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan. Para penerima beasiswa yang terpilih wajib untuk melaporkan Indeks Prestasi setiap semester secara kolektif melalui Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan sebagai bahan evaluasi Yayasan Toyota dan Astra.

B. Bantuan Penelitian Thesis dan Disertasi bagi Mahasiswa Pascasarjana Tahun 2017 – 2018
Program ini merupakan bantuan tidak mengikat bagi staf pengajar (dosen) Universitas Negeri dari seluruh Indonesia atau staf Lembaga Penelitian milik Pemerintah (LIPI/BPPT) yang akan atau sedang melakukan penelitian Thesis/Disertasi pada Program Pascasarjana Universitas Negeri di Indonesia. Bantuan yang diberikan senilai Rp 10.000.000,- bagi yang lolos seleksi.

Persyaratan:
1. Merupakan staf pengajar Universitas Negeri atau staf Lembaga Penelitian milik Pemerintah (LIPI/BPPT) yang sedang melanjutkan studi di program pascasarjana (S2 atau S3) di Universitas Negeri di Indonesia.
2. Memiliki Indeks Prestasi minimum 3,50 bagi Program S2 maupun S3.
3. Bidang studi penelitian dititik beratkan pada Bidang Teknik (diutamakan bidang Teknologi Otomotif) dan Pelestarian Lingkungan Hidup.
4. Mengisi formulir asli dari Yayasan Toyota dan Astra.
5. Melampirkan rekomendasi dari Rektor Universitas asal.
6. Melampirkan rekomendasi dari Direktur/Dekan Program Pascasarjana dan Promotor.
7. Melampirkan fotocopy Proposal Penelitian yang berisi jadwal kegiatan, perincian dana, dan daftar pustaka.
8. Tidak sedang mendapatkan beasiswa dari lembaga/instansi lain.
9. Berkas/formulir yang sudah dikirimkan ke pihak YTA tidak dapat diminta kembali dan menjadi milik YTA.
10. Apabila dalam waktu 3 (tiga) bulan tidak mendapatkan balasan dari YTA, berarti permohonan tidak dikabulkan.

Formulir asli bisa didapatkan setelah pelamar mengajukan permohonan ke YTA dengan melampirkan persyaratan poin 1, 2, dan 3 di atas untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya. Pemberian dana bantuan akan diberikan dalam dua periode:
1. Periode bulan Januari ~ Juni, dana diberikan pada bulan Juni.
2. Periode bulan Juli ~ Desember, dana diberikan pada bulan Desember.

C. Bantuan Kegiatan Ilmiah Mahasiswa Tahun 2017 – 2018
Program ini merupakan bantuan yang diberikan oleh Yayasan Toyota dan Astra kepada Himpunan Mahasiswa yang sedang menggali dan mengkaji perkembangan ilmu pengetahuan dalam bentuk Seminar, Simposium, Kongres, dan Pameran yang berkaitan dengan bidang ilmu yang ditekuni. Diharapkan setelah menyelesaikan kegiatan tersebut, dapat tercipta ide/gagasan baru serta memperkaya khasanah ilmu bagi bidang studi yang ditekuni.

Persyaratan:
Dana bantuan ini hanya ditujukan kepada Himpunan Mahasiswa dengan persyaratan sebagai berikut:
a. Seminar atau Kegiatan Ilmiah
b. Dikelola oleh Himpunan Mahasiswa
c. Kegiatan tersebut mendapatkan persetujuan Dekan dan Purek/Pudir
d. Tidak bertujuan komersial

D. Bantuan Penelitian Teknologi Tahun 2017 – 2018
Program ini merupakan bantuan dana proyek penelitian di bidang teknologi yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian Kampus, atau Unit Proyek Penelitian Mahasiswa. Khususnya pada bidang Teknologi Otomotif, Mekanik, Kelistrikan, Komputer dan Rekayasa, serta Kedirgantaraan.

Persyaratan:
a. Proyek penelitian ilmiah non-komersial yang bersifat penelitian atau pengembangan teknologi.
b. Dikelola oleh Perguruan Tinggi atau Lembaga Penelitian Kampus.
c. Rekomendasi dari Rektor/Direktur atau Pimpinan Lembaga yang kompeten.

Demikian informasi mengenai Beasiswa Toyota Astra yang ditawarkan bagi mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana di Indonesia. Informasi lebih detail dapat ditanyakan pada bagian rektorat/kemahasiswaan masing-masing. Selain ditujukan bagi universitas, Beasiswa Toyota Astra juga ditujukan bagi mahasiswa Politeknik Negeri, untuk info selengkapnya juga dapat menghubungi pihak kemahasiswaan/jurusan masing-masing atau mengunjungi Sumber Informasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY