Definisi Sukses Burhan Syaiful : Ketika Mampu Membuat Mahasiswa Lain Berpenghasilan!

    0
    1547

    “Sukses itu ketika kita bermanfaat buat orang lain, jika sukses tolok ukur nya adalah harta, apakah dapat dikatakan sukses apabila hartanya tak bermanfaat untuk orang lain? Lebih baik hidup pas-pasan tapi orang bisa hidup darinya. Sukses itu bersama, tidak ada orang yang sukses sendiri!” tegas Burhan syaiful ketika diwawancara di sela waktu kuliahnya.

    Burhan Syaiful, mahasiswa stambuk 2010 Departemen Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara asal Jaya Pura ini mengembangkan usaha menjual gorengan molennya secara franchise, yakni menggunakan jasa agen-agen yang tersebar di seluruh di seluruh kampus yang ada di Medan. Total agen penjaja dagangan yang bekerja untuknya adalah 71 orang, keseluruhannya adalah mahasiswa yang berasal dari latarbelakang yang sama dengannya. Bur han memutuskan hal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan ada beberapa prinsip kesuksesan yang dipegang teguhnya dalam menjalankan usaha.

    Di sela kesibukannya sehari-hari sebagai, Burhan juga aktif dalam berbagai organisasi. Nilai teguh kesuksesan yang berarti membuat hidup orang lain menjadi bermanfaat karena hartanya inilah yang membuat Burhan Syaiful terus aktif di berbagai organisasi wirausaha, seperti Himpunan Pengusaha Muda Indonesia(HIPMI) dan Wirausahawan Muda Mandiri(WMM) dengan tujuan untuk terus membantu mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan terutama dari kegiatan wirausaha.

    Sisi pengabdian terhadap masyarakat ini termotivasi oleh perjuangannya yang tidak bisa dikatakan instan ketika memulai usaha pisang Molen Arab dahulu. Menurut pengakuan Burhan, modal yang digunakannya untuk memulai usaha tersebut hanya sebesar Rp 2.500.000, itupun seharusnya digunakan untuk membayar sewa kontrakan rumah tempat ia tinggal di kota Medan. Berat rasanya hari-hari yang dilewati ketika menjadi mahasiswa yang hanya menunggu uang kiriman dari orang tua saja, bahkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi masa perjuangan ketika memulai usaha Molen Arabnya, harus hemat untuk meminimalisasi pengeluaran. Namun hal tersebut tidak membuatnya mundur dan putus asa, sebaliknya dengan kesabaran dan perjuangan yang gigih membuatnya sukses mengembangkan usaha Molen Arab dengan produksi lebih dari 1500 biji per hari dengan omzet Rp 150 juta perbulannya.

    Pesan yang ingin selalu disampaikan olehnya kepada para mahasiswa “Paling tidak menjadi self employee, dan paling tidak mahasiswa membuat pekerjaan untuk diri mereka sendiri. Mahasiswa jangan hanya bekerja di kelas. Kemampuan otak manusia itu sangat luar biasa. Paling tidak, saat tamat nanti tidak bingung, apakah mau menjadi pekerja atau wirausaha sendiri,” gagas Burhan.

    Prestasi

    1. Pemenang Big Idea Competition SEC USU 2013
    2. Pemenang Wilayah Wirausaha Muda Mandiri 2013 kategori Mahasiswa, bidang Boga
    3. Finalis Nasional WMM 2013
    4. Juara 1 bussines plan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Dalam acara Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Kewirausahaan Nasional (technopreneur camp VI) 2014)
    5. Juara 3 Blogger Kemanusiaan Nasional 2011
    6. Juara 2 VOA Indonesia Blogging Competition 2012

     

    by: BEE publisher

     

    LEAVE A REPLY