Etnomusikologi USU : Sarangnya Musisi Berbakat di Medan

0
2162

Etnomusikologi adalah salah satu program studi yang ada di Universitas Sumatera Utara (USU) dan juga merupakan satu-satunya program studi yang ada di Medan. Hanya USU yang memiliki program studi etnomusikologi. Etnomusikologi adalah program studi yang dimana mahasiswa mempelajari segala jenis aliran musik, cara memainkan alat musik,dan juga  sejarah musik itu sendiri. Walaupun bukan merupakan program studi yang terfavorit di USU, etnomusikologi sarat akan prestasi. Mahasiswa/I etnomusikologi banyak memiliki prestasi dalam bidang musik yang patut dibanggakan. Prestasi ini dapat terwujud karena di etnomusikologi sendiri memiliki fasilitas yang lengkap untuk menyalurkan kreasi bermusik mahasiswanya. Program studi etnomusikologi sendiri memfasilitasi mahasiswnya yaitu dengan cara menyediakan berbagai alat musik seperti; gitar elektrik, drum set, perkusi, bass, piano/keyboard, bahkan juga ada sound yang cukup bagus untuk dimanfaatkan dalam bermusik. Bahkan etnomusikologi juga menyediakan tempat untuk mahasiswanya latihan bermusik.

Etnomusikologi USU sudah memiliki prestasi baik di tingkat lokal maupun nasional. Salah satu didikan etnomusikologi yang memiliki banyak prestasi adalah Equaliz Band.Equaliz sendiri adalah band yang bergenre britsh rock dan terdiri dari lima mahasiswa dari etnomusikologi USU. Band ini secara resmi terbentuk pada 1 Oktober 2014 yang digawangi oleh Benny Tambak (vokalis), Ryan Ambarita (keybordis), Muek (gitaris), Goppaz (drummer) dan Joseph Reno (bassis). Walaupun masih seumur jagung, prestasi mereka patut diacungi jempol. Equaliz Band adalah band yang menjadi juara 1 dalam acara Sound Sation 2015. Sound Sation sendiri adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan rokok terkenal dan acara ini adalah kompetisi musik yang cukup besar di Medan. Ternyata prestasi anak didikan etnomusikologi USU ini tidak berhenti sampai disitu. Setelah menjadi juara dalam Sound Sation 2015, mereka diundang sebagai guest star dalam acara musik yang lebih besar lagi yaitu Soundrenaline 2015 di Bali pada September 2015.

Berawal dari juara Sound Sation region Sumatera Utara sampai akhirnya diundang manggung di acara Soundrenaline. Hampir seluruh masyarakat tahu acara seperti apa Soundrenaline itu dan ini merupakan acara musik tahunan yang pasti ditunggu-tunggu bagi para setiap penikmat musik. Suatu kehormatan bisa tampil di acara tersebut bersama musisi-musisi terkenal dari seluruh kota dan juga suatu kebanggan bagi kota Medan dan terutama Universitas Sumatera Utara khususnya etnomusikologi. Anak-anak etnomusikologi USU berhasil nampil di acara Soundrenaline Bali 2015 adalah suatu prestasi yang patut dibanggakan dan masyarakat Medan harus mengetahuinya.

Selain prestasi yang telah mereka raih, Equaliz sendiri juga telah menciptakan beberapa lagu yang benar-benar merupakan easy listening ditambah lagi vokalisnya memiliki suara yang sangat mirip dengan penyayi Ipang. Equaliz Band yang memiliki basecamp di ruang kelas etnomusikologi sendiri, juga sedang menggarap mini album. Mereka tidak akan berhenti untuk berkarya dan mereka tidak akan menyerah sampai tujuan mereka tercapai, yaitu menembus pasar musik Indonesia dan menjadi band yang diapresiasi karyanya oleh seluruh masyarakat Indonesia.

LEAVE A REPLY