Inilah 8 Program Studi S1 USU Peringkat Akreditasi “A”

0
9684

anakusu.com – Hallo warga USU, pada kesempatan ini, kita mau bagiin info menarik nih buat kamu mahasiswa/i Universitas Sumatera Utara (USU). Kali ini kita akan berbagi sedikit informasi tentang Program Studi S-1 yang mendapatkan akreditas dengan peringkat “A” yang ada di kampus kita tercinta.

Dikutip dari laman resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau lembaga pemerintah yang mengatur standarisasi seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia ini, ada beberapa Program Studi di kampus USU yang mengalami penurunan peringkat akreditasi. Salah satunya adalah Program Studi Kedokteran yang turun ke peringkat “B” setelah sebelumnya berada di peringkat “A”. Namun, jangan khawatir, ada juga kok Program Studi yang mengalami kenaikan peringkat, yaitu salah satunya adalah Program Studi Ilmu Komputer yang naik ke peringkat “A” sejak tahun 2013 lalu.

Mau tau apa aja Program Studi yang sudah mendapat akreditasi “A” di kampus USU? Let’s check it out!

Antropologi Sosial

Program Studi milik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU ini berhasil mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2012 lalu, dengan Nomor SK: 017, dan berlaku sampai 29 Juni 2017.

Ilmu Kesejahteraan Sosial

Masih dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU, baru-baru ini satu lagi program studinya berhasil mendapat akreditasi A yang dikeluarkan BAN-PT pada tahun 2015, dengan Nomor SK: 139/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2015. Dan berlaku sampai 6 April 2020.

Ekonomi Pembangunan

Berikutnya Fakultas yang bersebelahan dengan FISIP, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU yang berhasil mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2010, dengan Nomor SK: 019, dan berlaku sampai 24 September 2015.

Farmasi

Nah, untuk Program Studi yang juga memiliki nama yang sama dengan nama fakultasnya, yaitu Fakultas Farmasi USU ini berhasil meraih akreditasi A pada tahun 2011, dengan Nomor SK: 027 dan berlaku sampai 29 September 2016.

Ilmu Hukum

Selanjutnya ada Program Studi milik Fakultas Hukum USU yang juga sukses mendapatkan akreditasi A pada tahun 2014 lalu. Nomor SK akreditasinya adalah: 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014. Dan berlaku sampai tanggal 1 November 2019 mendatang.

Ilmu Komputer

Selanjutnya ada Program Studi dari Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi USU yang berhasil mendapatkan akreditasi A pada tahun 2013 lalu. Sekaligus mencatatkan rekor baru Ilmu Komputer USU yang menyamai akreditasi milik Ilmu Komputer UI, Ilmu Komputer UGM, dan Ilmu Komputer IPB. Nomor SK yang dikeluarkan BAN-PT adalah: 247/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XII/2013. Dan berlaku sampai tanggal 13 Desember 2018 mendatang.

Ilmu Perpustakaan

Program Studi milik Fakultas Ilmu Budaya USU ini menjadi salah satu Program Studi dengan akreditasi A selanjutnya dengan Nomor SK: 089/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015 yang juga baru dikeluarkan oleh BAN-PT pada tahun 2015 ini. Dan berlaku hingga tanggal 14 Maret 2020.

Sastra Arab

Masih dari Fakultas Ilmu Budaya, yaitu program studi Sastra Arab yang resmi mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2015 ini, dengan nomor: 502/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015. SK ini akan berlaku sampai tanggal 30 Mei 2020 mendatang.

Nah udah pada tau kan prodi apa saja di USU yang memperoleh akreditasi A, dengan demikian, Universitas Sumatera Utara secara resmi memiliki 8 Program Studi S-1 yang akreditasinya sudah mencapai peringkat “A”.

Semoga program studi yang lain juga bisa segera menyusul untuk mendapatkan akreditasi A ya, dan tentunya semoga Universitas Sumatera Utara berhasil mendapatkan Akreditasi A pada tahun 2017 mendatang, sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) & Rencana Jangka Panjang (RJP) USU.

 

LEAVE A REPLY