Karir Untuk Kamu Yang Kuliah Di Jurusan Administrasi Negara

0
8066

Jurusan Administrasi Negara  yang biasanya tergabung dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini berusaha memberikan pendidikan mengenai ilmu pemerintahan beserta seluk beluknya, untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing tinggi dalam mengerti  pemerintahan yang baik, efektif serta maksimal. Nah, pada ulasan kali ini, anakusu.com akan memberikan kalian referensi mengenai prospek kerja dari lulusan administrasi negara . Penasaran? Yuk, kita simak bersama – sama!

 

1. Aparat Pemerintah / Pengurus Pemerintah Pusat atau Daerah
Menyelami dunia dan seluk beluk pemerintahan, tentu merupakan hal yang sehari – hari ditemui oleh mahasiswa jurusan administrasi negara . Tak heran apabila lulusan – lulusannya tentu memiliki kompetensi yang tinggi untuk terjun dalam dunia pemerintahan secara nyata. Menerapkan secara langsung ilmu – ilmu dan teori yang dipelajari selama perkuliahan dalam ruang lingkup pemerintahan, tentu merupakan hal yang tepat dan sepadan bagi lulusan dari jurusan bergengsi ini.

Terlibat aktif dan bekerja dalam menjalankan roda pemerintahan baik di poros pusat ataupun jangkauan daerah, merupakan pekerjaan inti dari lulusan administrasi negara . Menetapkan kebijakan pemerintah, mengatur jalannya pemerintahan dengan sebaik mungkin, serta menyediakan solusi dari pemerintah untuk permasalahan rakyat adalah beberapa contoh kerja dari lulusan administrasi negara . Untuk itu, menjadi anggota ataupun aparat dari suatu sistem pemerintahan baik itu kecamatan, kelurahan, kabupaten bahkan kementrian pusat, adalah salah satu prospek kerja dari lulusan administrasi negara  yang paling tepat serta menjanjikan.

2. Asisten Peneliti

Menjalankan pemerintahan tentu mengalami berbagai kendala dan masalah yang dihadapi. Begitu juga dengan fenomena – fenomena yang ditemui, khususnya yang ada di masyarakat sebagai sasaran inti dari sistem pemerintahan. Untuk mengatasi hal ini, biasanya para ahli pemerintahan melakukan suatu riset atau penelitian untuk memecahkan suatu masalah yang sekiranya dapat memperbaiki kinerja dan roda pemerintahan yang berjalan.

Dikarenakan cakupan pemerintahan itu sangat luas, baik mencakup satu kecamatan, kelurahan, daerah, kabupaten, provinsi hingga negara, maka penelitian – penelitian yang dilakukan biasanya berlangsung secara besar – besaran. Semua ini dilakukan agar roda pemerintahan dapat berjalan secara berkesinambungan dalam setiap lapisannya. Untuk itu, seorang ahli tidak akan bisa mengerjakannya sendiri. Ia tentu membutuhkan asisten peneliti dalam melakukan risetnya. Lulusan administrasi negara  yang telah dibekali teori – teori pemerintahan yang baik, tentu sangat tepat untuk mengisi posisi ini.

3. Staf ataupun Anggota Legislatif Pusat maupun Daerah

Berpikir secara strategis untuk menentukan kebijakan pemerintahan, telah ditanamkan sejak awal pertama bagi mahasiswa administrasi negara . Selama perkuliahan, tentu mahasiswa administrasi negara  mempelajari strategi – strategi khusus untuk membentuk pemerintahan yang efektif dan sejahtera dalam membangun rakyatnya. Adapun pihak yang memiliki kewenangan untuk menyusun strategi dan menentukan kebijakan pemerintah secara inti ialah anggota legislatif bersama staf – stafnya.

Maka dari itu, tak heran apabila lulusan  administrasi negara sangat tepat untuk menjadi anggota legislative baik dalam poros pusat ataupun daerah. Berbekal keilmuannya dalam bidang pemerintahan yang sangat baik, diharapkan lulusan  administrasi negara dapat membawa rakyatnya menjadi lebih sejahtera melalui roda pemerintahan yang dijalankannya.

4. Anggota Partai Politik

Salah satu penggerak roda pemerintahan, antara lain adalah partai politik. Ya, politik tentu memegang peranan besar dalam pemerintahan yang berjalan. Partai politik dapat menjadi wadah bagi siapapun yang ingin menyalurkan aspirasinya, jika aspirasinya sesuai dengan visi dan misi yang diemban oleh partai politik tersebut.

Menjadi anggota ataupun partai politik, tentu harus paham dan mengerti bagaimana pola pemerintahan yang digeluti oleh negara Indonesia. Terlibat aktif mewujudkan visi dan misi kebangsaan melalui partai politik, menjadi salah satu prospek kerja bagi lulusan administrasi negara dengan menjadi anggota ataupun aktivis di dalam suatu partai politik.

5. Aktivis LSM / Organisasi Masyarakat

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) adalah lembaga yang secara sukarela memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa bertujuan memperoleh keuntungan dari kegiatannya. Aktivitasnya biasanya membela masyarakat yang tertindas, membantu masyarakat yang tertinggal, yang pada intinya membantu membangun masyarakat agar dapat hidup ideal sesuai dengan hukum yang berlaku. Begitu juga dengan organisasi masyarakat atau Ormas. Ormas adalah organisasi yang dibentuk dan dijalankan dengan berbasis pada masyarakat, tidak bertujuan politis dan dibentuk atas dasar beberapa kesamaan kepentingan dalam suatu bidang, seperti bidang agama, pendidikan ataupun sosial.
Adanya LSM dana Organisasi Kemasyarakatan yang perlu dijalankan dengan suatu struktur organisasi yang baik, menjadi prospek kerja bagi lulusan administrasi negara. Lulusan administrasi negara yang dibekali bagaimana menjadikan masyarakat menjadi ideal dengan suatu kebijakan yang efektif, dirasa tepat untuk mengisi LSM ataupun organisasi masyarakat secara aktif dan produktif. Keproduktifan lulusan administrasi negara di dalamnya dapat membawa lulusan tersebut menjadi seorang aktivis.

6. Jurnalis Pemerintahan / Politik

Lulusan administrasi negara tentu selalu dituntut untuk peka terhadap isu – isu pemerintahan maupun politik. Lulusan administrasi negara juga telah ditempa untuk dapat menganalisa dengan sebaik mungkin untuk melaporkan, mengembangkan hingga memberdayakan hasilnya menjadi sebuah jalan keluar dari masalah – masalah yang dihadapi dalam pemerintahan. Kemampuan untuk peka, mendata serta melaporkan dalam ruang lingkup pemerintahan tersebut, juga berguna bagi prospek kerja lulusan administrasi negara yang lain, yaitu jurnalis.

Ya, jurnalis yang bertugas khusus dalam meliput berbagai berita dan fenomena mengenai politik dan pemerintahan, merupakan prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan administrasi negara. Pekerjaan ini sangat tepat karena selain pintar menganalisis, lulusan administrasi negara juga pasti telah menguasai materi – materi dasar dari fenomena politik ataupun fenomena pemerintahan yang diliputnya.

7. Konsultan Pemerintahan
Jalannya roda pemerintahan tentu mengalami berbagai jenis hambatan. Agar hambatan tersebut hilang dan kerja pemerintahan dapat berjalan dengan baik, maka hambatan dan masalah – masalah yang mengganggu pun harus segera dipecahkan. Tugas memberikan solusi, masukan, ataupun merumuskan strategi yang dirancang agar pemerintahan dapat berjalan dengan baik, adalah tugas dari konsultan pemerintahan. Ya, seringkali konsultan pemerintahan dibutuhkan untuk menangani masalah – masalah khusus dalam pemerintahan.

Menjadi konsultan pemerintahan, tentu sangat tepat bila menjadi prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan administrasi negara. Karenanya menjadi konsultan sangat membutuhkan strategi – strategi dan pemikiran yang brilian untuk membangun pemerintahan yang baik, yang tentunya harus dilandasi dengan pengetahuan dan teori – teori mengenai pemerintahan. Maka dari itu, menjadi konsultan pemerintahan adalah salah satu prospek kerja yang paling diincar oleh para lulusan administrasi negara.

8. Tenaga Pendidik atau Dosen
Mempelajari dengan detail dan menyeluruh mengenai ilmu pemerintahan, tentu menjadikan lulusan administrasi negara sangat menguasai seluk beluk dunia pemerintahan baik dari segi teori maupun praktis. Dengan adanya kedalaman pengetahuan atas keilmuan yang dipelajari ini, menjadi dosen ataupun tenaga pendidik dalam bidang ilmu pemerintahan pun juga menjadi prospek kerja dari lulusan administrasi negara. Melakukan transfer ilmu pada orang lain  mengenai pemerintahan dan bertujuan untuk membangunnya secara bersama – sama, merupakan salah satu tugas mulia dari profesi dosen Ilmu Pemerintahan yang dinilai cukup menjanjikan ini.

LEAVE A REPLY