KOPASSUS Mengajak Mahasiswa Untuk Mengikuti Ekspedisi NKRI 2015

0
1709

Medan-USU : Komando Pasukan Khusus (KOPASSUS) menggelar Sosialisasi Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara 2015 serta mengadakan kerjasama (MoU) dengan Universitas Sumatera Utara, pada Senin (24/11). Acara yang dilaksanakan di Ruang Senat Akademik Lantai III gedung BPA USU tersebut diikuti para mahasiswa dan dosen yang berasal dari ITM, UNIMED, IAIN, STIPAP, UMSU, dan seluruh UKM USU. Wakil Rektor IV Prof. Ningrum Natasya Sirait yang mewakili Rektor USU dalam sambutannya mengatakan bahwa kerjasama USU dengan institusi militer sangat penting walaupun dirasa terlambat, tetapi hal itu tidaklah melemahkan langkah USU untuk segera menindaklanjutinya sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebelumnya kerjasama tersebut dilakukan pada program Toba Go Green bersama Kodam I/BB. Prof. Ningrum menilai program yang ditawarkan ini sangat baik sehingga membuka wawasan kebangsaan yang sangat luas kepada mahasiswa. Beliau juga berharap dengan kerjasama ini akan terbentuk implementasi berupa bantuan tenaga dosen USU sebagai pembimbing, pendamping dan peneliti serta terbentuknya partisipasi mahasiswa USU sebagai peserta Ekspedisi NKRI 2015, dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa USU untuk melaksanakan KKN, berupa penelitian skripsi dan praktek kerja lapangan yang tegabung dalam kegiatan Ekspedisi NKRI tersebut, serta dapat memberikan dukungan pengamanan selama kegiatan Ekspedisi NKRI 2015 berlangsung.

 

Kolonel Infantri R. Sidharta Wisnu G, SE sebagai Perwira Koordinator Lapangan yang mewakili Danjen KOPASSUS mengungkapkan sosialisasi Ekspedisi NKRI dan kerjasama ini dilakukan yaitu untuk meningkatkan potensi pertahanan nasional, wawasan kebangsaan dan bela negara, cinta tanah air, mengembangkan potensi pariwisata dan membangun infrastruktur pedesaan serta menyejahterakan masyarakat. Beliau mengatakan Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara 2015 merupakan kelanjutan Ekspedisi sebelumnya yakni Ekspedisi Bukit Barisan 2011 di Sumatera, Ekspedisi Khatulistiwa 2012 di Kalimantan, Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013 dan Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara 2014. “Angkatan Darat menunjuk KOPASSUS sebagai Leader dan anak panah dalam ekspedisi ini, sebagai gagang panahnya adalah seluruh komponen bangsa dan salah satunya adalah mahasiswa” ujarnya. Beliau juga mengajak para mahasiswa untuk mendukung dan menjalankan ekspedisi ini sebaik-baiknya agar dapat memberi manfaat bagi bangsa, khususnya institusi dimana para mahasiswa menimba ilmu.

 

 

Kepala Bagian Operasi Ekspedisi NKRI 2015 Letkol Infantri Yuri Elias Mamahi dalam sosialisasinya mengatakan dalam penjelajahan Ekspedisi NKRI KOPASSUS diberbagai daerah salah satunya adalah ditemukan banyak sumber daya alam flora dan fauna yang sangat beragam yang mungkin belum diketahui dan teridentifikasi. Sangat disayangkan kalau itu didahului oleh pihak asing yang bahkan mengambil keuntungan dari hal tersebut. Untuk itu beliau mengajak partisipasi mahasiswa agar ikut ambil bagian dalam ekspedisi ini. Sebagai wadah kebangsaan dan bela negara serta rasa cinta tanah air beliau mengatakan mahasiswa adalah agent of change yang dapat mengangkat dan menggali serta meneliti seluas-luasnya bumi Indonesia ini. Beliau menambahkan mahasiswa bisa ikut serta dalam ekspedisi asalkan lulus dalam seleksi. Seleksi peserta untuk pendaftaran dan penerimaan bisa dilihat di www.ekspedisinkri.com

 

Turut hadir dalam penandatanganan MoU dan sosialisasi tersebut adalah Pembantu Dekan III FISIP USU Drs. Edward, M.SP., Pembantu Dekan III FKG USU drg. Zulkarnain, M.Kes., Pembantu Dekan III FMIPA USU Dr. Kerista Sebayang, M.Sc., Pembantu Dekan I FISIP USU Drs. Zakaria, M.SP.

LEAVE A REPLY