Mahasiswa Ikut Organisasi? Kenapa Tidak!

0
1078

Pandangan bahwa mengikuti organisasi kemahasiswaan akan menghambat
kuliah memang sudah ada semenjak dulu yaa sobt kampus. Walaupun kenyataannya tak semacam itu. Jika seorang mahasiswa mempunyai tata kelola waktu yang baik, baik kegiatan kuliah ataupun mengikuti organisasi tak akan menjadi masalah untuk dirinya yaa sob.

Banyak manfaat organisasi bagi seorang mahasiswa diantaranya adalah :

1. Belajar kepemimpinan

Mahasiswa USU yang tergabung dalam Organisasi KOMPAS USU Pada saat memenangkan juara ke 2 kompetisi ;intas alam air terjun jodoh dan air terjun pelangi di desa telagah, Langkat (6/2/16).
Mahasiswa USU yang tergabung dalam Organisasi KOMPAS USU Pada saat memenangkan juara ke 2 kompetisi ;intas alam air terjun jodoh dan air terjun pelangi di desa telagah, Langkat (6/2/16).

Saat terlibat dalam organisasi, tentunya banyak hal yang mesti dikerjakan yang mau tak mau akan berinteraksi dengan banyak orang. Mereka yang aktif dalam organisasi akan sering terlatih mengungkapkan argumen di depan orang lain
maupun mengarahkan anggota lain ketika menggelar sebuah acara. Ketika mencari pekerjaan maka kemampuan leadership (kepemimpinan) ini tentu berguna sekali. Acapkali sejumlah lowongan mensyaratkan jiwa kepemimpinan yang baik menjadi bagian syarat yang harus dipenuhi kendati pada level staf yang sebetulnya tak mempunyai anak buah.

2. Belajar mengelola waktu

anakusu.com
Marchingband Universitas Sumatera Utara

Kuliah, Tugas, Organisasi kadang memang bikin cape deh…

Bagi mahasiswa yang berorganisasi Waktu yang seringnya dimanfaatkan untuk belajar serta menyelesaikan tugas jelas berkurang. Padahal jumlah tugas
kuliah sama antara yang ikut organisasi dan yang tak ikut berorganisasi. Supaya keduanya bisa berjalan beriringan maka diperlukan kehalian dibidang manajemen waktu,  Boleh jadi berorganisasi bagi mahasiswa  awalnyamulus-mulus saja disuatu hari malah menjadi kwalahan dan tidak teratur.
tapi tahukah kamu sobat kampus lama-kelamaan kita pasti akan dengan rutinitas yang polanya seperti itu. Seterusnya, pola tersebut bisa terbawa selama hidup. Ketika bekerja di kantor atau mempunyai usaha sendiri maka tak akan kaget ketika mengorganisir pekerjaan yang jumlahnya banyak dengan menentukan pekerjaan mana yang mesti didahulukan.

3. Meluaskan pertemanan

Mahasiswa Farmasi USU yang tergabung dalam PEMA FAKULTAS FARMASI USU
Mahasiswa Farmasi USU yang tergabung dalam PEMA FAKULTAS FARMASI USU

Pada sebuah organisasi akan menemui banyak orang. Bisa teman satu angkatan, kakak senior, mahasiswa jurusan lain,dsb. Mereka semua itu tidak boleh disepelekan, sebab mereka bisa jadi sebagai sebuah faktor penting, lebih-lebih untuk membantu kita pada kesulitan yang akan datang dikemudian hari, bukan?
Bahkan dengan banyaknya relasi dengan mengikuti organisasi bisa jadi nilai plus tersendiri untuk kamu sobat kampus, diantaranya jika kamu ingin memperoleh lowongan kerja Atau mereka memberikan sebuah referensi dan nasehat yang baik agar bisa melamar diperusahaan yang kamu idam-idamkan. Bahkan banyak sumber mengatakan bahwa sudah jadi tradisi
di beberapa perusahaan, referensi dari pegawai yang sudah bekerja di perusahaan itu akan lebih dipertimbangkan sobat kampus.

4. Melatih sikap bermasyarakat

Mahasiswa yang ikut berorganisasi biasanya secara kemasyarakatan pun cenderung aktif ketimbang mereka yang tak terlibat organisasi. Dalam organisasi mereka akan dilatih berhubungan dengan beragam karakter orang. Tak cuma teman satu angkatan namun juga dari jurusan dan angkatan lain. Sehingga tentunya akan kian meluaskan pengetahuan tentang bermacam tipikal orang.

anakusu.com
Mahasiswa Teknik SIPIL USU bersama bapak Dinp Patti Djalal

Kita adalah mahluk sosial, Bahkan bangku perkuliahan tidak mengajarkan kita untuk diam dan berkutat dengan ilmu-ilmu yang diajarkan di ruang kelas saja, ada ilmu bergerak dan hidup, yang mana ilmu itu adalah kehidupan sosial masyarakat. Dengan adanya organisasi juga memperluas kemungkinan kita bertemu dengan orang orang penting dan terkenal di negeri ini sob.

5. Melatih memecahkan masalah dan konflik

Mahasiswa Taknik Industri USU
Krisna Praja Mukti Mahasiswa Taknik Industri USU

Sering berhubungan dengan orang banyak dengan bermacam ciri khasnya tentu wajar kalau sekali dua kali terjadi konflik antar mereka. Begitu juga di dunia kerja, ketika ada deadline yang segera harus diselesaikan, teman sekantor yang tak bersahabat atau senang menjatuhkan teman kerja di hadapan atasan, dll yang berisiko memunculkan konflik. Bila sudah sering menyelesaikan problem dan konflik, manfaat organisasi akan sangat terasa karena tak terkejut lagi dan sudah tahu apa-apa saja yang semestinya ditempuh.

Well…semoga bermanfaat yaah sob!

Ikuti organisasi dengan bijak dan tidak berlebihan dengan begitu semoga kita semua menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

LEAVE A REPLY