Menjadi anak muda yang produktif bersama Reggy Nouvan komikusnya Kolorman

0
279

Masa muda adalah masa dimana semua orang bersenang-senang. Bermain bersama teman, nongkrong di cafe, hunting tempat makan yang hits, foto-foto gaya artsy biar “instagramable” katanya. Tapi masa mau masa muda mu diisi hanya dengan hal-hal yang sepele macam itu? Di negara barat, anak yang baru lulus SMA saja sudah disuruh minggat dari rumah, kuliah di luar dan cari kerja part time, biar mandiri katanya. Nah, orang kita, orang timur kok malah asik asikan duduk di caffe sambil minum kopi gayo sambil bicara ngarol ngidul berjam-jam. Tidak ada yang salah dengan budaya nongkrong sambil minum kopi, yang menjadi salah jika kebiasaan tersebut berlangsung terlalu sering sampai-sampai menghambat kalian melakukan pekerjaan yang seharusnya bisa kalian kerjakan disaat kalian nongkrong itu. Buat kalian yang masih muda, ayolah cari kegiatan yang lebih bermanfaat dan lebih positif dibanginkan hura-hura dan nongkrong-nongkrong yang ujung-ujungnya hanya menghabiskan waktu dan uang bulanan kalian. Untuk kamu yang mau mulai produktif, ada tips dan trik nih dari Reggy Nouvan untuk memulai menjadi anak muda yang produktif, kreatif, dan inovatif.

Reggy Nouvan atau yang lebih akrab disapa Reggy adalah seorang mahasiswa jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara. Selain aktif sebagai mahasiswa, Reggy juga aktif di industri kreatif, tepatnya di bidang komik digital. Memiliki hobby menggambar sejak kecil, Reggy pun mulai bertransformasi dari seorang amatir dalam dunia gambar menjadi seorang komikus handal di Kota Medan. Untuk menjadi kreatif dan produktif di usia muda memang bukan hal yang mudah, banyak hambatan dan tantangan dari luar yang membuat niat kita menjadi produktif terhalang. Berikut adalah tips dan trik menjadi produktif, kreatif, dan inovatif ala Reggy.

Pertama kalian harus temukan passion kalian. Gali minat dan bakat terpendam dari diri kalian, carilah bidang-bidang yang menurut kalian cocok dengan kepribadian dan kemampuan kalian. Coba ikuti berbagai kegiatan seminar ataupun workshop dari kampus maupun luar kampus. Jika ada salah satu bidang yang mencuri perhatian kalian, silahkan cari tahu bidang itu lebih dalam, jika sudah dicari tahu coba tekuni dan pelajari, jika ternyata belum berhasil, coba lagi sampai kalian benar-benar menemukan passion kalian. Yang kedua adalah kerja kerja kerja. Untuk menjadi produktif kalian harus mulai untuk kerja, kerja, dan kerja. Bukan kerja kantoran, tapi mulailah kerjakan apa saja yang berhubungan dengan minat kalian. Jika kalian suka menulis, mulailah dengan membuat blog, jika sudah, mulailah untuk membuat sebuah artikel tentang hal apa saja yang kalian sukai, setelah itu cukup kumpulkan keberanian kalian untuk mengirim artikel kalian ke surat kabar ataupun majalah apa saja yang kalian rasa cocok untuk memuat artikel kalian. Jika ternyata tidak dimuat, jangan kecil hati dulu, teruslah bekerja dan berusaha hingga kalian dapat memenuhi tujuan kalian. Yang ketiga adalah berani menjadi berbeda. Untuk menjadi kreatif kalian haruslah menjadi berbeda dari yang lain, temukan ciri khas dari diri kalian yang kira-kira dapat menunjang kreativitas kalian dalam bekerja. Jangan takut untuk mencoba hal yang berbeda dan belum pernah kalian lakukan sebelumnya, asalkan hal itu positif ya. Yang keempat adalah gunakan waktu semaksimal mungkin. Waktu yang kalian biasa gunakan untuk bermain, bisa kalian alokasikan menjadi waktu kalian belajar. Isi waktu senggang kalian dengan mencari ilmu atau skill-skil baru. Pergilah ke cafe, tapi kali ini bukan untuk nongkrong, pergilah ke caffe dan gunakan wifinya untuk browsing hal-hal yang dapat menambah pengetahuan kalian. Berselancarlah di internet dan temukan hal-hal baru yang belum pernah kalian ketahui sebelumnya. Karena sejatinya internet lebih luas dibandingkan timeline instagram kalian. Yang kelima teruslah berinovasi dan upgrade skill yang sudah kalian miliki. Jangan cepat merasa puas dengan hasil yang telah kalian capai. Yang keenam dan yang paling penting adalah jangan pernah berhenti berkarya. Karena jika kalian berhenti berkarya, maka akan sia sia jadinya lima tips sebelumnya.

Kita dapat banyak belajar dari Reggy yang tidak pernah berhenti berkarya di bidang yang ia cintai yaitu menggambar. Di sela sela kesibukannya sebagai mahasiswa, ia masih sempat untuk membuat komik strip di media sosialnya. Itu salah satu contoh pemanfaatan internet yang benar. Selain itu Reggy juga tidak takut untuk mencoba hal baru yang belum pernah ia coba sebelumnya. Sebelumnya Reggy belum pernah membuat komik strip di media sosial. Namun ia melihat peluang dan ia ambil peluang itu. Berkat kerja kerasnya, sudah banyak prestasi yang ditorehkan Reggy baik dari bidang komik maupun bidang akademis. Hasil dari produktifitas dan kreatifitasnya adalah penghargaan dan pengalaman manis yang dapat ia ceritakan kelak di masa tuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here