PEMA FEB USU Kawal Pemilihan Calon Rektor USU

0
1225

Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (PEMA FEB USU) berserta elemen organisasi mahasiswa setingkat fakultas yang terdiri dari beberapa perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) se-kawasan FEB dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) se-kawasan FEB melakukan audiensi kepada pihak Majelis Wali Amanat (MWA) terkait akan diselenggarakannya pemilihan Rektor USU dalam waktu dekat. Audiensi dilaksanakan pada Jum’at 9 Januari 2016 pukul 17.00 WIB bertempat di ruang MWA di biro rektor lantai III.

1452503290581

PEMA FEB USU berserta perwakilan elemen mahasiswa yang turut serta disambut baik oleh pihak MWA serta Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor USU yakni Fahmi Natigor Nasution, SE, M.Acc, Ak selaku Sekretaris MWA USU, Drs. H. Panusunan Pasaribu, M.M. selaku Ketua Panita Penjaringan dan Penyaringan Rektor USU dan Ir. Luhut Sihombing, M.P. selaku Sekretaris Panitia Penjaringan dan Penyaringan Rektor USU. Pembahasan saat audiensi adalah mengacu kepada keterlibatan Mahasiswa dalam pemilihan Rektor USU.  Mewakili aspirasi mahasiswa FEB USU, PEMA FEB USU mengajukan beberapa pertanyaan kepada MWA dan juga Panitia Penjaringan dan Penyaringan rektor USU. Beberapa pertanyaan yang diajukan adalah kriteria pemilihan MWA, keterlibatan Mahasiswa dalam MWA dan sejauh mana keterlibatan Mahasiswa dalam proses penyaringan dan penjaringan serta pemilihan Rektor USU.

1452503287804

Surya Darma selaku Gubernur PEMA FEB USU. Tuntutan tersebut merupakan aspirasi mahasiswa-mahasiswi FEB USU yang disampaikan kepada PEMA FEB USU. Isi tuntutan tersebut antara lain : Mahasiswa siap membantu Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor USU, Mahasiswa diberi kesempatan menyampaikan kata sambutan pada saat dialog terbuka calon Rektor tanggal 18 januari di Auditorium USU, Mahasiswa mengundang Panitia Penjaringan dan Penyaringan serta MWA untuk hadir pada dialog terbuka khusus Mahasiswa pada tanggal 20 Januari di Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU, dan Mahasiswa boleh melihat secara langsung maupun tidak langsung pemilihan dan penetapan Rektor tanggal 21 Januari mendatang.  Surya juga menyampaikan kedepannya agar dapat melakukan diskusi-diskusi untuk membahas hal-hal lain yang berkaitan dengan MWA. “Audiensi ini merupakan wujud dari kepedulian mahasiswa FEB terhadap proses suksesi kepemimpinan di lingkungan Universitas Sumatera Utara dan kedepannya diharapkan dengan berbagai usaha pengawalan yang dilakukan oleh seluruh elemen mahasiswa FEB dan USU akan terlahir sosok pempimpin terbaik yang berpihak kepada kepentingan civitas akademika USU serta mampu membawa USU ke arah yang lebih baik”, tuturnya.

1452503293250

FYI,sobat kampus, MWA sendiri adalah Majelis Wali Amanat yang mana merupakan susunan dimana kriterianya berdasarkan pada statuta USU dalam Peraturan Pemerintah No. 16 Tahun 2014 dan untuk susunan kepengurusan MWA tahun 2015-2020 sudah fix. Menanggapi keterlibatan Mahasiswa dalam susunan MWA, Fahmi Natigor menyatakan tidak menutup kemungkinan bahwa Mahasiswa bisa saja terlibat dalam kepengurusan MWA mendatang. “Statuta USU merupakan Peraturan Pemerintah yang juga merupakan produk. Sekarang bagaimana caranya terlebih dahulu Mahasiswa satu suara, begitu Mahasiswa klop bisa dibuat uraian-uraiannya.” Hal ini merupakan kabar baik bagi Mahasiswa bahwa adanya kemungkinan untuk terlibat dalam susunan MWA pada tahun-tahun mendatang. Fahmi Natigor juga menjelaskan bahwa Pemilihan Rektor hanya bagian kecil dari tugas-tugas MWA. “MWA ini dipilih untuk masa jabatan lima tahun mendatang, dan pemilihan Rektor hanya segelintir kecil dari tugas MWA. Masih banyak tugas MWA selain dari pemilihan Rektor.”

1452503297210

Mengenai pemilihan Rektor USU, selaku Sekretaris Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor USU Luhut Sihombing juga sempat memaparkan agenda pemilihan Rektor selama beberapa hari kedepan. Luhut juga mengharapkan  agar Mahasiswa turut aktif dalam dialog terbuka Bakal Calon Rektor USU di Auditorium USU pada tanggal 18 Januari mendatang. “Untuk itu panitia juga sudah membuat agenda Dialog Terbuka Bakal Calon Rektor yang sembilan orang itu. Diharapkan ya Mahasiswa bisa hadir sebanyak-banyak nya meskipun jadwal dialog terbuka juga bersamaan dengan pelaksanaan UAS.”  Dalam dialog terbuka ini Mahasiswa bisa melihat secara langsung bakal calon yang sudah diseleksi oleh Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor USU. Luhut juga menyambut baik semangat elemen organisasi mahasiswa FEB USU yang dipimpin oleh PEMA FEB USU untuk ikut aktif terlibat dalam mengawal jalannya pemilihan Rektor USU. Senada dengan Luhut, Fahmi juga mengapresiasi PEMA FEB USU yang mau berdiskusi melalui Audiensi dengan MWA tersebut.

semoga proses penjaringan Calon Rektor USU bisa berjalan dengan baik yaa sob!

sumber : PEMA FEB USU

LEAVE A REPLY