PENDAFTARAN BIDIKMISI 2016

0
3581
BIDIKMISI 2016

anakusu.com – Medan : Dari sekian banyaknya Jalur masuk perguruan tinggi ada jalur Bidikmisi, Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, tetapi tetap memprioritaskan untuk calon mahasiswa yang memilihi prestasi yang baik agar dapat diprediksikan bahwa yang bersangkutan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan studinya di perguruan tinggi dengan tepat waktu.

Program Bidikmisi ini merupakan program pemerintah yang disalurkan melalui Dikti. Program ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah sebagai berikut :
-Memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma/Sarjana sampai selesai dan tepat waktu.
-Meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa, khususnya mereka yang menghadapi kendala ekonomi.
-Menjamin keberlangsungan studi mahasiswa sampai selesai (tepat waktu)
-Penyelenggara program Bidikmisi adalah seluruh Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta yang telah terpilih di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Perguruan Tinggi yang telah terpilih tersebut tentunya memiliki kriteria sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Pendaftaran Bidikmisi bisa dilakukan dengan 3 (tiga) cara, yaitu dengan cara online, semi online, dan offline (pendaftaran langsung di Perguruan Tinggi tujuan anda). Disini kita akan membahas Pendaftaran Bidikmisi secara online.

Untuk bisa mendaftarkan diri sebagai peserta Bidikmisi, maka anda harus bisa memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia. Persyaratan tersebut adalah sebagai berikut :

Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi 2016/2017
-Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2016
-Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing perguruan tinggi;
-Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun

Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
-Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
-Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
-Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
-Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
-Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
-PTN dengan pilihan seleksi masuk ;
-Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
-Seleksi Mandiri PTN
-Politeknik, UT, dan ISI
-PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

Kuota Bidikmisi Untuk Mahasiswa Baru 2016/2017
-Kuota Bidikmisi didistribusikan sesuai urutan prioritas jalur seleksi masuk.
-Kuota Kopertis ditentukan berdasarkan kesepakatan antara Ditjen Belmawa bersama Kopertis dengan pertimbangan: (1) jumlah program studi yang memenuhi syarat akreditasi; (2) jumlah perguruan tinggi yang memenuhi syarat; (3) tingkat kemiskinan wilayah.
-Kuota PTS melalui seleksi mandiri ditetapkan oleh Kopertis berdasarkan: (1) jumlah program studi yang memenuhi persyaratan akreditasi, dengan proporsi maksimal 20% dari total mahasiswa baru; (2) Kondisi geografis, karakteristik sosial ekonomi sekitar perguruan tinggi negeri untuk kekhususan wilayah 3T; (3) ketaatan perguruan tinggi terhadap azas pengelolaan yang baik.
-Kuota untuk PTS termasuk penentuan program studi dilakukan oleh Ditjen Belmawa bersama Kopertis Wilayah dengan kriteria khusus.
Tata Cara Pendaftaran  Bidikmisi 2016/2017

Pendaftaran Bidikmisi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, Seleksi Mandiri PTN atau PTS dapat dilakukan secara secara online oleh Pihak Sekolah dan juga oleh siswa. Tata cara pendaftarannya dijelaskan sebagai berikut :

Pendaftaran Online Bidikmisi 2016/2017 Oleh Sekolah

Sekolah melakukan pendaftaran Bidikmisi sebagai pemberi rekomendasi kepada siswa calon peserta Bidikmisi. Pendaftaran dilakukan dengan tata cara berikut ini.

-Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi kepada peserta bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
-Pada halaman yang telah anda buka, muncul 2 pilihan, yaitu fitur untuk sekolah yang telah mendaftar dan mendapatkan akun dan juga fitur untuk sekolah yang belum pernah mendaftar Bidikmisi.
-Jika sekolah anda pernah mendaftar dan mempunyai akun Bidikmisi, langsung saja login dengan memilih fitur “sudah terdaftar”.
-Jika Sekolah anda belum pernah mendaftar Bidikmisi sebelumnya, Pilih fitur”belum terdaftar”.
-Bagi sekolah yang belum memiliki akun Bidikmisi, maka terlebih dahulu melakukan pengisian data sekolah dengan melampirkan hasil scan beberapa berkas pendaftaran berupa identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
-Ditjen Belmawa akan memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam.
-Setelah diverifikasi, Sekolah bisa login ke alamat http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/  menggunakan NPSN dan Kode Akses Sekolah dengan memilih fitur “sudah terdaftar” untuk merekomendasikan masing-masing peserta Bidikmisi.
-Setelah mendaftarkan peserta Bidikmisi, Sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk masing masing siswa peserta Bidikmisi yang sudah direkomendasikan
-Berikan nomor pendaftaran dan kode akses tersebut kepada peserta Bidikmisi
-Selanjutnya siswa peserta Bidikmisi melakukan pendaftaran online Bidikmisi.

Pendaftaran Online Bidikmisi 2016/2017 Oleh Siswa
-Buka situs resmi pendaftaran Bidikmisi siswa, yaitu http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
-Siswa bisa login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses siswa.
-Kemudian Siswa calon peserta Bidikmisi melakukan pengisian biodata diri dengan lengkap dan benar.
-Jika semua data telah terisi, periksalah kembali data tersebut untuk memastikan kebenaran data anda.
-Jika telah sesuai, cetaklah kartu tanda peserta Bidikmisi.
-Siswa yang telah menyelesaikan pendaftaran Bidikmisi, kemudian melakukan pendaftaran untuk mengikuti seleksi jalur nasional atau mandiri sebagai salah satu syarat Bidikmisi, yaitu mengikuti Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi PMDK Politeknik, Bidikmisi UT / ISI, Bidikmisi jalur Mandiri PTN, atau Bidikmisi jalur Mandiri PTS.
-Setelah menyelesaikan tahap pendaftaran online di atas, kemudian anda mendaftar dan mengikuti seleksi Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi PMDK Politeknik, Bidikmisi jalur Mandiri PTN, atau Bidikmisi jalur Mandiri PTS.

Setelah mengikuti seleksi dan anda dinyatakan lulus seleksi, kemudian anda harus melengkapi berkas yang akan dibawa pada saat melakukan pendaftaran ulang seleksi masuk. Berkas-berkas tersebut berupa :

-Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi.
-Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah.
-Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
-Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
-Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
-Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah.
-Kartu Pengaman Sosial (KPS/BSM). (jika merupakan penerima BSM).
-Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat.
-Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga.
-Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.
-Terasa agak sulit ketika mengetahui persyaratan yang diminta begitu banyak. Namun semua itu adalah untuk kepentingan anda dan itulah proses yang harus ditempuh untuk mendapatkan Bidikmisi.

Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2016/2017

Pendaftaran Bidikmisi dilaksanakan melalui beberapa jalur seleksi, yaitu Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi PMDK Politeknik, Bidikmisi jalur Mandiri PTN, atau Bidikmisi jalur Mandiri PTS. Untuk mengetahui pelaksanaan Bidikmisi dari masing-masing jalur tersebut, silahkan melihat jadwal pendaftarannya berikut ini:

-Pendaftaran Sekolah dilaksanakan pada 15 Januari – 1 September 2016
-Pendaftaran Siswa dilaksanakan pada 15 Januari – 1 September 2016
-Pendaftaran Bidikmisi PMDK-PN dilaksanakan pada 9 Februari – 8 Mei 2016
-Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN dilaksanakan pada 10 Februari – 12 Maret 2016
-Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN dilaksanakan pada 16 Maret – 3 Juni 2016
-Pendaftaran Bidikmisi Jalur Mandiri PTN dilaksanakan pada 10 Februari – 1 September 2016
Pendaftaran Bidikmisi Jalur Mandiri PTS dilaksanakan pada 10 Februari – 1 September 2016
Setelah melakukan pendaftaran Bidikmisi serta telah mengikuti seleksi melalui jalur-jalur yang telah disebutkan di atas, selanjutnya anda akan segera melihat pengumuman Bidikmisi 2016/2017.

Pahami dan cermati Proses nya yaah calon mahasiswa baru..

Selalu ada jalan untuk bisa Kuliah yaa sob!

GOOD LUCK!

LEAVE A REPLY