Penjaringan Bakal Calon Rektor USU Dimulai

0
1419

anakusu.com-Medan : Menindaklanjuti Surat Keputusan Majelis Wali Amanat USU Nomor: 45/SK/MWA/XII/2015 tentang Penunjukan dan Pengangkatan Panitia Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Rektor Universitas Sumatera Utara dan menyusul Peraturan MWA Nomor 12 Tahun 2015 Pasal 4 ayat (4) telah dilakukan pemilihan Ketua dan Sekretaris Panitia Penjaringan Calon Rektor pada Selasa (22/12/2015), maka Panitia Penyaringan Calon Rektor USU mengundang media massa guna menginformasikan proses Penjaringan Calon Rektor USU pada Rabu (23/12/2015) di Ruang Sidang MWA USU lantai III Biro Rektor USU.

Penjaringan Bakal Calon Rektor 1

Dalam kesempatan ini panitia mengumumkan sususan kepanitiaan yang terdiri dari 11 orang dari berbagai elemen masyarakat, sebagai berikut: Drs. H. Panusunan Pasaribu, MM (Ketua), Ir. Luhut Sihombing (Sekretaris), Prof. Dr. Syafruddin Kalo, SH., M.Hum, Fahmi Natigor Nasution, SE., M.Acc.Ak, Dr. Ir. Hamidah Harahap, M.Sc, Muhammad Arifin Nasution, S.Sos, M.SP, Dr. Sutarman, M.Sc, Prof. Drs. Tulus, Vordipl.Math., M.Si., Ph.D, Prof. Dr. Harlem Marpaung, Prof. Dr. Delfi Lutan, M.Sc., Sp.OG(K), Drs. Abdul Maulud Nainggolan, M.Si.
Ketua Panitia, Drs. H. Panusunan Pasaribu menyampaikan, MWA yang telah terbentuk telah melakukan langkah-langkah yang cepat menyikapi belum terpilihnya rektor definitif USU dalam waktu yang relatif singkat, mengingat kurang lebih telah satu tahun agenda pemilihan Rektor USU mengalami penundaan dikarenakan banyak faktor.

Penjaringan Bakal Calon Rektor 2

Panitia menyampaikan, ada empat tahapan dalam proses penyelenggaraan penjaringan sampai pada pemilihan rektor ini, yaitu:

  • Pertama, Tahap Penjaringan dan penyaringan Bakal Calon Rektor, pembukaan pendaftaran Bakal Calon Rektor USU adalah pada tanggal 28 Desember 2015 dan ditutup pada 8 Januari 2016. Menyusul kemudian pada tanggal 11 dan 12 Januari, nama-nama yang telah mendaftar akan diseleksi berdasarkan persyaratan umum dan khusus yang telah di sepakati oleh MWA, yang kemudian hasilnya akan diumumkan pada 13 Januari 2016.
  • Kedua, Tahap Pemaparan Program Kerja Bakal Calon Rektor USU yang dijadwalkan pada 18 Januari 2016 akan mengambil tempat di Gedung Auditorium USU.
  • Ketiga, Tahap Penyaringan Bakal Calon Rektor USU oleh Senat Akademik USU pada 19 Januari 2016 nantinya akan menyisakan tiga nama Calon Rektor USU yang akan dipilih oleh MWA.
  • Dan Keempat, Tahap Pemilihan dan Penetapan Rektor USU oleh MWA USU yang dilaksanakan nantinya pada 21 Januari 2016.

 

Dalam kesempatan ini Anggota panitia yang juga Sekretaris MWA Fahmi Natigor Nasution, SE., M.Acc.Ak menyampaikan, secara umum pembagian tanggung jawab pemilihan ini ada tiga komponen, pertama Penjaringan: dilakukan oleh Panitia yang dalam hal ini diharapkan mampu mensosialisaikan proses tahapan pemilihan sekaligus juga menjaring banyak Pendaftar yang memiliki potensi dan kapabilitas. Kedua, Penyaringan: Senat Akademik USU yang bertugas sampai terpilihnya tiga nama Calon Rektor, dan yang Ketiga, Pemilihan: MWA yang terdiri dari 21 orang termasuk Menteri, Gubernur Sumatera Utara dan Ketua Ikatan Alumni ditambah perwakilan Senat Akademik dan tokoh masyarakat akan memilih Rektor USU. Fahmi juga menghimbau semua elemen masayarakat untuk dapat menjaga terciptanya iklim pemilihan yang damai dan kondusif demi terciptanya USU yang lebih baik kedepannya seperti harapan segenap warga Sumatera Utara.
Ketua Panitia Panusunan Pasaribu juga menambahkan, proses penjaringan ini terbuka untuk umum tidak tertutup hanya untuk kalangan akademisi USU saja, siapa saja boleh mendaftar dengan syarat memenuhi kriteria umum dan khusus Bakal Calon Rektor yang telah disepakati oleh MWA USU.

 

Sumber : anakusu.com

LEAVE A REPLY