PMDSU – Beasiswa Baru Di USU Yang Buat Ingin Cepat Wisuda

0
7698
Foto Via : @rinihardiyanti_

Sobat kampus sudah pernah dengar Program Beasiswa Pendididikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) ? Kalau belum yuk baca penjelasan dibawah ini.

Beasiswa PMDSU ini ditujukan bagi lulusan sarjana (S1) terbaik (fresh graduate) di tanah air yang ingin menjadi dosen dengan menempuh pendidikan hingga doktor (S3) selama empat tahun. PMDSU merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat laju pertambahan jumlah doktor yang saat ini persentasenya masih terbilang rendah. Berbeda dengan beberapa program beasiswa Dikti lainnya, seperti BPP-LN atau BPP-DN yang khusus ditujukan bagi pelamar yang sudah berstatus dosen atau calon dosen, Beasiswa PMDSU terbuka bagi fresh graduate yang ingin menjadi dosen. Pendidikan S3 yang ditempuh bisa dilalui tanpa harus menjalani pendidikan magister terlebih dahulu dengan bimbingan promotor yang nantinya diusulkan pelamar saat pendaftaran.

Apa saja persyaratanya?
Persyaratan umum:
1. Lulus S1 dalam tiga tahun terakhir
2. Memiliki IPK minimum 3.25
3. Mendaftar secara online melalui beasiswa.dikti.go.id/pmdsu
4. Umur pelamar tidak lebih dari 25 tahun saat mendaftar

Bagaimana caranya ?
Sebelum mendaftar Beasiswa PMDSU, kamu diminta melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan calon promotor tersebut, termasuk misalnya menyanyakan kesediaan mereka untuk menjadi promotor kamu. Para promotorlah nantinya yang memutuskan siapa yang mereka setujui untuk menjadi bimbingan mereka.

Setelah itu, pelamar mendaftar ke program pascasarjana (PPs) pada kampus mereka dengan memenuhi segala persyaratan masuk di universitas tersebut. Daftar universitas tertera di atas. Kegiatan pendaftaran ke PPs dan pendaftaran Beasiswa PMDSU bisa kamu lakukan secara bersamaan. Namun, pelamar disarankan mendaftar terlebih dahulu ke PPS tujuan. Lebih teknis bisa dilihat di panduan Beasiswa PMDSU yang bisa diunduh di laman Dikti di atas.

Pelamar hanya diperbolehkan mengajukan usulan kepada satu perguruan tinggi (PT) penyelenggara PMDSU. Penetapan penerima beasiswa PMDSU akan diumumkan oleh PPs tempat studi. Jika diterima, kamu akan menandatangani kontrak dengan Dikti sebagai calon dosen.

@rinihardiyanti_ (ID Instagram) sebagai salah satu penerima beasiswa PMDSU menuturkan bahwa PMDSU ini diadakan 2 tahun sekali, yang mana tahun 2017 adalah tahun kedua akan diadakannya pembukaan pendaftaran beasiswa PMDSU ini, pada awal pembukaan beasiswa ini, Universitas yang menjadi penyelenggara beasiswa ini hanya ada 8, yaitu : Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Diponegoro, Universitas Sriwijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Sumatera Utara.

Anakusu.com sempat berbincang lebih jauh kepada @rinihardiyanti_  untuk mengetahui lebih dalam beasiswa PMDSU ini.

M (Mimin) : materi apa saja yang diujikan kak?

@rinihardiyanti_ : TPA BAPPENAS,PENGETAHUAN BIDANG, TOEFL dan INTERVIEW.

M : Saat ini, ada berapa mahasiswa USU penerima di Beasiswa PMDSU ini kak?

@rinihardiyanti_ : ada 7 orang dan kita adalah angkatan pertama, tersebar di F.MIPA, F.FARMASI dan F.Pertanian USU.

M : Tesnya biasanya ada dibulan?

@rinihardiyanti_ : Maret ya.

M : Tempat Tes diadakan di?

@rinihardiyanti_ : kalau mau kuliahnya di IPB atau UGM ya mendaftarnya disana, Kalau mau di USU ya di USU Daftarnya.

M : Setelah pendidikan, apakah penerima beasiswa akan diberi ikatan dinas dengan pihak Universitas?

@rinihardiyanti_ : Benar, Penerima beasiswa akan mengabdi dikampus dimana ia Lulus selama 5 tahun,selanjutnya kita boleh tetap di universitas tersebut atau memilih pilihan yang lain.

M : Tahun lalu ada berapa pendaftar kak?

@rinihardiyanti_ : 7 orang ya

M : lalu fasilitas apa saja yang akan diberikan kepada penerima beasiswa kak?

@rinihardiyanti_ : Biaya SPP selama 4 Tahun, Biaya Riset selama 3 tahun ( pertahun 60 Juta Rupiah) , Biaya Publikasi Internasional, Biaya Seminar nasional / internasional, biaya sandwich ke salah satu Negara (3-6 bulan) dan biaya hidup ( Perbulan 3, 75 juta )

M : pesan apa nih kak yang mau disampaikan ke anak-anak USU yang lain?

@rinihardiyanti_ : Untuk mahasiswa USU yang sudah lulus kuliah selama 3 tahun terakhir, beasiswa PMDSU angkatan kedua akan diselenggarakan bulan desember 2016 dan test nya sendiri akan diadakan sekitar bulan maret 2017, jadi kalau mau mendaftar bisa mempersiapkan diri sedini mungkin.

M : Bangga bisa menerima beasiswa ini kak?

@rinihardiyanti_ : Alhamdulillah rezeki saya bagus, cukup senang karna bisa menghemat umur, berhubung PMDSU ini beasiswa baru di USU jadi saya dan teman-teman penerima lain bertekad untuk mensosialisasikan kepada mereka, biar Makin banyak Doktor di kampus kita kan, masih muda sudah Doktor lagi.

Jadi bagaimana sobat kampus, setelah melihat percakapan tersebut apakah kamu cukup tertarik untuk mengikuti beasiswa ini?

Ayo siapkan diri kamu untuk jadi angkatan PMDSU selanjutnya!

LEAVE A REPLY