Program PERMATA 2015 Berakhir, USU Lepas 12 Orang Mahasiswa Luar USU

0
1388
Via usu.ac.id

anakusu.com – Medan : sobat kampus pada bulan Agustus 2015 silam, Universitas sumatera Utara telah menerima 12 orang mahasiswa yang berasal dari 3 universitas negeri yang ada di Indonesia. Di antaranya, dari Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar sebanyak 4 Orang, Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado sebanyak 2 orang dan Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung sebanyak 6 orang.

Para mahasiswa itu merupakan mahasiswa tanah air yang tercatat sebagai peserta mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air (PERMATA) 2015. Berbagai kegiatan telah mereka ikuti selama berada di kampus Universitas Sumatera Utara. Seperti yang diungkapkan Ketua rombongan mahasiswa PERMATA 2015,“kami di sini (diusu.red) selain mengikuti perkuliahan, kami juga telah mengikuti berbagai kegiatan atau berbagai program kemahasiswaan yang ada di USU seperti Gamadiksi USU, Pekan Ilmiah dan Kreatifitas Mahasiswa (PIKM), Pameran Teknologi Tepat Guna (PTTG) USU dan berbagai seminar lainnya,”ujar ketua Rombongan PERMATA 2015 (dari luar USU) di sela acara perpisahan rombongan PERMATA USU yang dilaksanakan Rabu (26/01/2016) di ruang Sidang Senat Akademik BPA USU.

Via usu.ac.id
Via usu.ac.id

Hadir dalam acara perpisahan rombongan PERMATA 2015 ini, Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, SH, M.LI, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian (BKK) USU Dra. Hindun Pasaribu, Pembantu Dekan I FISIP USU, Pembantu Dekan I Fakultas Pertanian USU, beberapa dosen dan pegawai USU dan rombongan PERMATA 2015.

 

Dalam sambutannya, WR IV USU Prof. Ningrum Natasya Sirait mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menyatukan berbagai mahasiswa yang di seluruh penjuru tanah air. Selain itu, USU, UNHAS dan UNPAD merupakan pionir dalam pelaksanaan program PERMATA ini. Dalam kesempatan ini Prof. Ningrum juga mengimbau kepada para mahasiswa yang datang ke USU agar membuat laporan dengan objektif atau sesuai dengan keadaan sebenarnya, sehingga diharapkan laporan itu nantinya dapat menjadi bahan perubahan universitas ke arah yang lebih lagi.

 

Salah seorang perwakilan dari rombongan PERMATA 2015 dalam sambutannya juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada USU. “Kami sangat berterimakasih sekali kepada pihak USU yang telah terbuka sekali kepada kami dan sangat mendukung kegiatan kami di sini,” ungkap Devi, seorang perwakilan mahasiswi dari UNPAD.

 

Lama pertukaran yang telah dijalankan seluruh peserta PERMATA 2015 adalah stu semester.  Seluruh biaya peserta PERMATA USU 2015  ditanggung oleh DIKTI. Hal ini dimaksudkan agar para peserta tidak mengalami beban dan kendala dalam menjalani kegiatan PERMATA  di universitas lain, sehingga para peserta nantinya dapat lebih fokus dalam menerima mata kuliah yang ada.

Via usu.ac.id
Via usu.ac.id

Secara umum tujuan dari kegiatan PERMATA adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa melalui pertukaran mahasiswa PTN se Indonesia, meningkatkan integritas, solidaritas, dan perekat kebangsaan antar-mahasiswa se-Indonesia. Mempersiapkan pemimpin bangsa yang memiliki karakter nasional yang berwawasan kebangsaaan NKRI. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan dan memanfaatkan fasilitas pendidikan dan suasana akademik di PTN tujuan. Memperkecil kesenjangan mutu pendidikan antar PTN se Indonesia.

 

Secara khusus program PERMATA ditujukan untuk membangun dan memperkuat nasionalisme mahasiswa, meningkatkan komunikasi mahasiswa lintas PTN dan lintas budaya, serta memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil perkuliahan di PTN yang memiliki keunggulan dan kekhasan keilmuan tertentu sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari mahasiswa yang bersangkutan, serta atmosfir akademik yang berbeda melalui peningkatan mobilitas mahasiswa.

 

Kerjasama sesama perguruan tinggi maupun dengan lembaga lain sangat penting bagi pembangunan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Kerjasama pendidikan akan memberikan peluang bagi pendidikan tinggi nasional untuk meningkatkan mutu pendidikan, memperluas akses dan memperkuat jejaring antar perguruan tinggi nasional. Kerjasama akan berdampak pada perluasan wawasan kebangsaan bagi sivitas akademika perguruan tinggi, meningkatkan sinergi antara perguruan tinggi, meningkatkan efisiensi sumber daya untuk pembelajaran dan riset, menumbuhkembangkan Center of Excellence, meningkatkan standar mutu antar perguruan tinggi nasional, membangun kapasitas bersama untuk meningkatkan daya saing bangsa, dan memperkuat peran perguruan tinggi sebagai perekat persatuan negara.

 

Via usu.ac.id
Via usu.ac.id

Atas pertimbangan itu, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dengan bimbingan dan arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang saat ini telah berubah menjadi  Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi kemudian bertekad untuk menyelenggarakan kegiatan PERMATA yaitu kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiwa PTN se tanah air untuk mengikuti pekuliahan yang relevan di PTN lainnya di seluruh nusantara,  sepanjang memenuhi krteria yang telah ditetapkan, dalam bentuk kegiatan akademik atau “creditearning or credit transfer”.

 

Pada tahun 2015, USU juga berpartisipasi dalam program PERMATA ini, yaitu dengan mengirimkan 16 orang mahasiswanya ke berbagai universitas yang ada di tanah air, di antaranya : UNAIR sebanyak 2 orang, UNHAS sebanyak 6 orang, UNPAD sebanyak 6 orang dan UNSRAT sebanyak 2 orang.

Semoga Ilmu dan pengalaman yang didapatkan di USU bisa di aplikasikan ke kampusnya masing-masing yaah sob!

Sumber : usu.ac.id

LEAVE A REPLY