RAHASIA SUKSES PENGUSAHA TIONGHOA

0
1317
sofyan tan - nasional.tempo.co

anakusu.com-medan : sobat kampus, tidak jarang kita melihat teman-teman kita,baik yang satu kelas maupun anak-anak dari fakultas lain berbisnis sambil kuliah. tidak jarang juga bahkan kita lihat orang-orang disekitar kita bisa sukses dalam hal bisnis walaupun bisnis yang digelutinya adalah bisnis dengan bermodal kecil,seperti berbisni pulsa isi ulang misalnya.

Untuk kamu sobat kampus yang punya jiwa bisnis dan ingin berbisnis ada baiknya kamu menyimak pemaparan kenapa etnis tionghoa bisa sukses dalam berbisnis.

Di Medan sangat banyak kita temui  etnis Tionghoa yang lalu-lalang dalam merajai sektor bisnis, Etnis Tionghoa memang punya kemampuan unik dalam bidang ekonomi. Mereka merajai berbagai usaha besar di tanah air: dari daftar 10 orang terkaya di Indonesia yang dikeluarkan Forbes pada tahun 2013, misalnya, 6 diantaranya adalah mereka yang memiliki darah Tionghoa. Pernah penasaran gak sih kenapa mereka yang datang dari latar belakang etnis ini selalu sukses dalam pekerjaan?

Ada banyak nilai di sini yang bisa kita pelajari dalam sistem atau tata kelola bisnis yang dijalankan oleh pengusaha Tionghoa. Apa saja sebenarnya yang menjadi kunci sukses dalam menjalankan bisnis dari orang Tionghoa tersebut, perhatikan rahasianya di bawah ini.

1. Pembelajaran Bisnis Sejak Dini

strategiselling.com
strategiselling.com

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi keluarga Tionghoa ketika menjalankan bisnis keluarga selalu diikutsertakan sejak dini. Bahkan jangan kaget ketika misalnya mereka membuka usaha toko, maka biasanya anak yang menjadi pelayan dan ibu menjaga kasir.

Nah, pembelajaran bisnis seperti ini ternyata sangat efektif dan efisien dalam kultur pengusaha Tionghoa. Sangat bermanfaat bagi anak, nantinya ketika mereka dewasa, mereka sudah sangat memahami seluk beluk bisnis yang dikelola ayahnya. Sehingga ketika dilepaskan pun, mereka tidak kaget lagi.

2. Paham WU-LUN dari kepercayaan Kong Hu Chu.

www.amtb.tw
www.amtb.tw

Tersohornya kesuksesan orang besar yang datang dari etnis Tionghoa gak bisa dilepaskan dari paham yang mereka anut. Konghucu atau lebih dikenal denganconfucianismadalah sistem norma dan filosofi yang dianut oleh kebanyakan etnis Tionghoa. Dalam sistem kepercayaan ini, diatur hierarki hubungan antar individu yang biasa disebut Wu-Lun.

Jenishubungan dalamWu-Lundibagi 5:

  • Loyalitas dan tanggung jawab : hubungan bawahan ke atasan
  • Cinta dan kepatuhan : ikatan orang tua dan anak
  • Kewajiban dan penyerahan diri: hubungan suami-istri
  • Senioritas : senior ke junior
  • Kepercayaan : hubungan pertemanan

Pembagian interaksi sosial ini membuat orang yang datang dari etnis Tionghoa terbiasa menempatkan diri mereka secara tepat di berbagai jenis hubungan. Mereka tahu kapan harus profesional, kapan harus menurut dan kapan perlu jadi hangat ke orang lain. Walau terkesan kaku, namun “tahu kapan dan bagaimana menempatkan diri” bisa jadi pelajaran penting yang layak diambil.

3. Manajemen Keuangan yang Baik.

ilmumarketing.net
ilmumarketing.net

Ini adalah salah satu kunci usaha yang mungkin jarang dilakukan oleh pebisnis kita. Pengusaha Tionghoa, seberapapun kecil bisnis yang mereka kelola, mereka selalu membuat pembukuan serapi mungkin dan sedetail mungkin.

Mereka menyadari betul bagaimana pentingnya tata kelola keuangan dalam bisnis, sehingga dari sini akan memudahkan setiap langkah bisnis yang mereka akan lakukan. Dengan membiasakan diri membuat catatan keuangan sejak bisnis masih kecil, maka akan semakin memudahkan ketika bisnis menjadi besar suatu saat.

4.Guanxi.

internchina.com
internchina.com

Guanxia adalah budaya Cina yang berarti membangun jejaring. Tradisi Tionghoa menekankan pentingnya membangun jejaring, yang dapat membawa keuntungan bagi semua pihak yang berada di dalam hubungan tersebut. Dan memang benar, jejaring adalah kunci penting kesuksesan seseorang. Sepintar apapun kamu, kalau gak bisa membangun hubungan dengan orang lain ya akan sama aja seperti orang kebanyakan.

Sebagai contoh, tradisi ini menekankan pentingnya menjamu orang. Sebaiknya, kamu tidak pelit mengeluarkan uangmu untuk mengajak rekan kerjamu makan malam. Sebab suatu hari, uang itu akan kembali dalam bentuk kemudahan yang lain. Karena menekankan pada “hubungan yang menguntungkan kedua belah pihak”terkadang jadi terlihat pilih-pilih. Tapi jika bisa diambil sisi positifnya, tradisi untuk terus membangun jejaring dengan siapapun ini perlu banget kita tiru.

5. Keberanian Pengusaha Tionghoa Dalam Mengambil Resiko.

ama-malang.com
ama-malang.com

Faktor ini juga sangat berpengaruh dalam setiap langkah bisnis yang diambil oleh pengusaha Tionghoa. Mereka memiliki keberanian yang sangat tinggi dalam mengambil sebuah resiko. Namun demikian, tentu setiap keputusan sudah dipikir dengan baik, dengan analisa yang kuat dari pengalaman.

Maka dari itu, spekulasi mereka dalam berbagai bisnis sangat bagus. Intuisi yang kuat ini menunjukkan bahwa mereka memiliki jam terbang yang sangat tinggi dalam membaca peluang. Pengalaman jatuh bangun dalam dunia bisnis yang mereka geluti semakin mengasah kemampuan mereka dalam menganalisa sebuah peluang.

6. Sedari Kecil, Mereka  Belajar (Sangat) Keras.

anakcerdas.info
anakcerdas.info

Kerja keras dan sifat tidak mudah mengeluh jadi hal yang telah diakrabi sejak kecil. Dalam memoar berjudul Battle Hymn of a Tiger Mother diceritakan bagaimana Amy Chua seorang ibu beretnis Tionghoa mendidik putri-putrinya. Walau dianggap super keras dan melanggar hak asasi anak tapi didikan ini memang mengantarkan anak-anaknya ke pintu gerbang kesuksesan. Ini nih yang selalu dilakukan oleh ibu-ibu etnis Tionghoa:

  • Tugas sekolah harus selalu diutamakan
  • Nilai A- itu jelek. Yang bagus cuma nilai A
  • Anak-anaknya harus 2 kali lebih pintar dari teman sekelas mereka
  • Jangan pernah memuji anakmu di depan publik, nanti mereka merasa bisa dan malas berusaha
  • Kalau ada perselisihan antara guru dan anak, selalu dukung guru. Mereka lebih tahu.
  • Anak-anak cuma boleh ikut kegiatan yang bisa mereka menangkan. Tak ada yang boleh dilakukan cuma untuk senang-senang.
  • Mereka harus selalu juara 1 dimanapun.

7. Etos Kerja yang Sangat Baik

duniaprofesional.com
duniaprofesional.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kaum Tionghoa dalam bekerja memiliki etos kerja yang sangat luar biasa bagus.

Mereka akan selalu bekerja dengan penuh tanggung jawab, tuntas dengan integritas yang sangat tinggi. Selain itu keseriusan mereka dalam mencintai pekerjaan menjadikan setiap langkah kerja menjadi menyenangkan. Sehingga hal ini menjadikan mereka semakin semangat setiap hari dalam memajukan bisnisnya.

Nah! semoga seteleh membaca tulisan ini, kamu bisa mendapatkan pencerahan yaa sobat kampus:)

Dikutip dari peribahasa China “Our greatest glory is not in never falling, but in getting up every time we do.”

Semoga yang belum memulai usaha, ditunjukkan bakat kamu berbisnis dibidang apa dan yang sudah punya usaha semakin sukses dan cemerlang yaa sobat kampus:)

 

*dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY