Rangkaian Kegiatan Delegasi ICN 2016

0
741

ICN 2016 telah sukses dilaksanakan pada tanggal 18-20 Mei 2016 dan 25-28 Mei 2016 dengan menghadirkan tiga rangkaian acara besar: ICN Food Exhibition, ICN Conference, dan ICN Festival.

Bertemu dengan 34 Delegasi dari 34 Provinsi di Indonesia melalui ICN Conference.

Highlight dari acara ICN ini adalah ICN Conference, yakni suatu rangkaian acara kepemudaan berskala nasional yang mengundang 34 delegasi dari 34 provinsi di seluruh Indonesia ke Kampus BSD Universitas Prasetiya Mulya. Para delegasi yang terpilih ini sebelumnya telah melewati tahapan seleksi paper yang ketat. Calon delegasi pertama-tama harus mengisi form data diri dan membuat esai mengenai proyek sosial yang akan mereka jalankan di salah satu provinsi di Indonesia. Esai proyek sosial tersebut kemudian akan dinilai oleh tim juri dan pengamat permasalahan sosial di Indonesia. Dari ratusan calon pendaftar, pada akhirnya terpilihlah 34 orang delegasi ini untuk didatangkan ke Tangerang.

Acara ICN Conference 2016 berlangsung selama 3 hari, yakni pada 25-27 Mei 2016. Para delegasi yang diterbangkan dari masing-masing provinsi di seluruh Indonesia dikumpulkan pada tanggal 25 Mei 2016 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Mereka kemudian mengikuti rangkaian acara city tour ke Monumen Nasional dan Museum Nasional. Pada malam harinya, mereka kembali ke Kampus BSD Universitas Prasetiya Mulya untuk mengikuti workshop seputar social entrepreneurship yang dibawakan oleh Bapak M. Setiawan Kusmulyono selaku Faculty Member Prasetiya Mulya.

 

city tour

Pada keesokan harinya, para delegasi ICN Conference 2016 kembali mengikuti serangkaian workshop, yakni workshop bertajuk project management dan fundraising yang dibawakan oleh Bapak Ahmad Mujahid dari kitabisa.com dan workshop seputar public speaking yang dibawakan oleh Bapak Adi Putera Widjaja dari Garudapreneur. Workshop tersebut diharapkan membantu meningkatkan wawasan para delegasi dalam mengimplementasikan proyek sosial yang telah mereka bawa serta mencari pendanaan untuk membiayai proyek tersebut.

icn 4

icn 5

Pada hari ketiga ICN Conference 2016, yakni pada 27 Mei 2016, para delegasi melaksanakan presentasi di hadapan para dewan juri. Proyek sosial yang dibawakan oleh para delegasi dikelompokkan dalam 5 kategori besar: kepemudaan, kewirausahaan, pendidikan, lingkungan, dan sosial-budaya. Dari masing-masing kategori yang ada, para dewan juri memilih lima proyek sosial terbaik, satu dari setiap kategori, yang akan mendapatkan pendanaan masing-masing sebesar Rp 10.000.000,00 untuk mengimplementasikan proyek sosial tersebut. Adapun lima kategori proyek sosial sebagai berikut:

  • Kategori Pendidikan
  • Kategori Sosial Budaya
  • Katergori Kewirausahaan
  • Katergori Lingkungan
  • Kategori Kepemudaan

Tidak kalah pentingnya, pada hari yang sama juga dilaksanakan acara diskusi kebangsaan. Pada momen ini ke-34 delegasi ICN Conference 2016 secara bersama-sama membahas permasalahan seputar penggunaan media dan era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Berbagai sudut pandang, argumen pro dan kontra dilontarkan oleh para delegasi, yang pada akhirnya semakin memperkaya sudut pandang yang dimiliki oleh seluruh delegasi ICN Conference 2016. Acara diskusi kebangsaan pun ditutup dengan deklarasi delegasi ICN Conference 2016, dimana para delegasi mengikrarkan janji mereka untuk membawa perubahan bagi Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Di akhir rangkaian acara ICN Conference 2016, proyek sosial terbaik berdasarkan kategori adalah:

  • Kategori Pendidikan: “Forum Guru Tapal Batas” oleh Safril Efendi, delegasi Kalimantan Utara.
  • Kategori Sosial Budaya: “Wastafel Biru” oleh Hendrico Kabanga, delegasi Papua.
  • Kategori Kewirausahaan: “Pembuatan Tengkuluk Khas Jambi sebagai Upaya Pelestarian Warisan Luhur dan Pengembangan Industri Kreatif melalui Pemberdayaan Siswa SLB Kuala Tungkal – Jambi” oleh Siti Maidina Herdiyanti, delegasi Jambi.
  • Kategori Lingkungan: “Penyuluhan Karet dan Pelatihan Pembuatan Koagulan Karet Bio Kolbacter di Nagari Pauh Sangik, Kec. Akabiluru, Kab. Limapuluh Kota, Sumatera Barat” oleh Febby Meilany, delegasi Sumatera Barat.
  • Kategori Kepemudaan: “Voice for Change” oleh Abdullah Faqih, delegasi D.I. Yogyakarta.

Selain kepada kelima proyek sosial tersebut, ICN juga memberikan apresiasi kepada Ni Nyoman Clara Listya Dewi, delegasi Bali sebagai delegasi terbaik ICN Conference 2016 atas partisipasi dan keaktifannya selama ICN Conference 2016 berlangsung.

LEAVE A REPLY