Rencanakan KKN di Pulau Terluar Indonesia, USU Kunjungi Lantamal I Belawan

0
2231

Medan-USU: Berkaitan dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Sumatera Utara yang rencananya akan dilaksanakan pertengahan tahun depan, USU berkesempatan berkunjung ke Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal I) Belawan, Kamis (13/11). Rombongan USU yang dipimpin Wakil Rektor USU Bidang Perencanaan dan Kerjasama USU Prof. Ningrum Natasya Sirait diterima oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlatamal) I Belawan Laksamana Pertama TNI Pulung Prambudi beserta staf di Kantor Danlatamal I Belawan.

 

Dalam kunjungan tersebut Wakil Rektor IV USU yang didampingi Ketua LPPM USU Prof. Edison Purba serta staf Bagian Kerjasama USU menjelaskan bahwa USU akan melaksanakan kegiatan KKN Mahasiswa pada pertengahan tahun depan bertepatan pada libur semester genap. KKN mahasiswa USU rencananya akan diadakan di daerah Pulau Terluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu USU sangat membutuhkan bantuan TNI Angkatan Laut dalam kegiatan tersebut. Dipilihnya daerah Pulau Terluar Indonesia merupakan wujud USU dalam memberdayakan masyarakat juga untuk meningkatkan jiwa nasionalisme mahasiswa. Nantinya TNI Angkatan Laut diharapkan dapat membantu baik akomodasi maupun transportasi mahasiswa selama berada di daerah Pulau Terluar Indonesia.

 

Danlatamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Pulung Prambudi menyambut baik kunjungan USU yang ingin bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut khususnya Pangkalan Utama TNI I Belawan. Dikatakannya bahwa saat Lantamal I Belawan mempunyai 3 program, yaitu Bidang transportasi laut, penumpang dan barang, Kelautan dan perikanan, serta industri jasa maritim. Pulung Prambudi berharap kerjasama USU dengan Lantamal I Belawan yang berkaitan dengan KKN mahasiswa juga akan bersinergis dengan program kerja mereka.

 

Pertemuan tersebut juga menyepakati untuk sementara bahwa kegiatan KKN mahassiswa USU yang akan dilaksanakan tahun depan akan direncanakan dilaksanakan di Pulau Terluar dari Pulau Simeulue provinsi Aceh Indonesia.

 

Seperti diketahui sebelumnya USU sudah menghapus kegiatan KKN mahasiswa sejak tahun 1999. Saat ini USU sedang menjajaki kegiatan KKN dengan program yang berbeda. Program KKN di pulau Terluar ini sendiri merupakan salah satu program Dikti yang berkaitan dengan kegiatan KKN mahasiswa. Sejak tahun 2009 kegiatan KKN Dikti menjadi tiga kategori. Kategori pertama yaitu KKN Reguler, KKN Kebangsaan dan KKn di pulau Terluar di Indonesia. Beberapa perguruan tinggi sudah menyelenggarakan KKN jenis ini diantaranya UI, UGM, UNHAS dan sebagainya. (humas)

LEAVE A REPLY