Sayangi Jantungmu, Kaya Aku Sayang Kamu

0
628

anakusu.com – Medan : Jantung adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang.
Jantung terletak dalam rongga dada agak sebelah kiri, di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan.

Jantung adalah satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium. Jantung terletak di dalam rongga torakik, di balik tulang dada. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri.

Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh selaput ganda yang bernama perikardium, yang tertempel pada diafragma. Lapisan pertama menempel sangat erat kepada jantung, sedangkan lapisan luarnya lebih longgar dan berair, untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh yang terjadi karena gerakan memompa konstan jantung.

Jantung dijaga di tempatnya oleh pembuluh-pembuluh darah yang meliputi daerah jantung yang merata/datar, seperti di dasar dan di samping. Dua garis pembelah (terbentuk dari otot) pada lapisan luar jantung menunjukkan di mana dinding pemisah di antara serambi dan bilik jantung.

Jantung adalah salah satu organ yang paling penting yaa sobat kampus, ga salah dong kalau Calvin Nababan (FKM USU 2013), Ari Ginting (FKM USU 2013), Erdianta Sihombing (FKM USU 2012) mengkampanyekan pentingnya menjaga jantung,menyelaraskan gaya hidup dengan kegiatan sehari-hari kita melalui  Video “Sayangi Jantungmu”

Mau tahu Video nya kaya apa, Nih buat kamu!

Penyumbatan pembuluh darah dapat menyebabkan kematian mendadak sob, Kudu hati-hati nih, makanya yuk sayangi jantungmu…….kaya akau sayang kamu, Hehehehehe.

LEAVE A REPLY