Sepeda Motor Berbahan Bakar Air Karya Mahasiswa FMIPA USU

0
3042
sepeda motor berbahan bakar air karya mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU)
Tim TOP USU Mengenalkan Dua Sepeda Motor Berbahan Bakar Air

Sekali lagi mahasiswa USU membuktikan bahwa kampus tertua di Sumatera ini diisi oleh mahasiswa-mahasiswa kreatif dan inovatif dengan menemukan sepeda motor berbahan bakar air. Sepuluh mahasiswa Fakultas MIPA yang tergabung dalam TOP USU, singkatan dari Team Auto Physics Universitas Sumatera Utara berhasil menjawab tantangan masyarakat Indonesia dengan menghadirkan energi alternatif.

Sepeda motor berbahan bakar air ini telah dikembangkan sejak tahun 2009. Dibutuhkan 500 mil untuk menempuh 300 kilometer perjalanan. Ini tentu saja penemuan yang sangat berguna bagi masyarakat ditengah naiknya harga BBM.

TOP USU melaunching dua jenis sepeda motor modifikasi. Pertama, sepeda motor berbahan bakar biotanol plus air. Kedua, sepeda motor berbahan bakar premium plus air.

Seperti dikutip dari Tribun Medan Dosen Pembimbing TOP USU, Dr Tulus Ikhsan Nst mengatakan, “Ini menjawab tuntutan masyarakat, khususnya karena BBM naik, global warming dan krisis energi. Bukan kebetulan karena BBM yang baru saja naik, tapi ini merupakan kesadaran mahasiswa untuk segera menyelesaikannya sesegera mungkin yang kebetulan selesai dengan pasca dinaikkannya BBM.”

Sementara itu, M. Iqbal, anggota TOP USU yang merupakan mahasiswa semester 5 jurusan Fisika, menuturkan, “Kami tidak ingin meniru atau mengikuti orang lain, ini karya kami, konsep kami, jadi inilah kami dengan karya kami yang masih baru, belum ada di tempat lain ide ini.”

Maju terus mahasiswa-mahasiwi USU dengan menghadirkan produk-produk kreatif dan inovatif yang berguna bagi masyarakat luas.

LEAVE A REPLY