Steven Aldo, DJ Kebanggaan Kota Medan

0
1171

Disc Jockey atau biasa dikenal dengan sebutan DJ adalah seorang yang memainkan atau memutar musik yang telah direkam atau dibuat. Pada era ini, ada banyak tipe-tipe DJ, antara lai Radio DJ. Radio DJ adalah orang yang bekerja di perusahaan broadcasting seperti AM, FM, Digital, maupun Internet Radio. Nah, biasanya mereka punya lagu yang judul aslinya ditambahin atau disebut dengan Radio Edit, dan itu merupakan salah satu tugas Radio DJ. Kemudia selanjutnya adalah Club DJ. Club DJ merupakan orang yang memilih dan memainkan musik di tempat-tempat seperti Bar, Night Club, Diskotik, dan bahkan di Stadium. Berikutnya adalah HipHop DJ, merupakan DJ yang lebih sering menggunakan Turntables (perangkat DJ yang ada piringannya), lalu menggunakan bantuan rappers. Ciri khas DJ ini dalah terdapat pada bagian scratching, atau memainkan piringan di turntable nya. Dan yang terakhir adalah Dubstep DJ, yaitu DJ yang memainkan musik tipe atau genre Dubstep. Dubstep merupakan genre dari elektro musik yang komponen lagunya terdiri dari beat, drum dan terutama bass.

Setelah pengenalan di atas tentang apa itu DJ, maka dalam pengertiannya, aksi memilih dan memainkan rekaman suara untuk pendengar yang menginginkan adalah sama untuk setiap DJ. Musik yang dipilihnya, media yang digunakan, dan tingkatan kesempurnaan dari manipulasi suara adalah faktor-faktor yang membuat tipe DJ yang berbeda-beda. Saat ini banyak pria maupun wanita yang suka dengan musik DJ, bahkan bekerja sebagai DJ. Salah satu DJ yang sedang ngehits di kota Medan adalah DJ Aldo.
Pria bernama lengkap Steven Aldo ini adalah seorang mahasiswa aktif jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Sumatera Utara. Pria kelahiran Jakarta, 7 Juni 1993 ini sangat menikmati musik DJ dan juga bergelut di dunia musik DJ. Menurutnya, musik DJ dan menjadi seorang DJ adalah dunia yang sangat dnikmatinya dan memberi kesenangan tersendiri.

Bicara soal Steven Aldo, dia termasuk anak dari keluarga yang nomaden atau berpindah-pindah tempat tinggal. Dari ia kecil, ia sudah berpindah kota ikut dengan orang tuanya. Mulai dari playgroup di Jakarta, TK A di Cibinong, TK B di Bogor. Lanjut SD kelas 1-2 semester pertama di Jakarta, kemudian lanjut SD kelas 2 semester kedua sampai kelas 6 di Methodist Medan. Tidak hanya di Indonesia, Steven Aldo pun pernah bersekolah di luar negeri. Kelas 1-3 SMP, ia bersekolah di Shivalik Public School, India. Dan setelah lulus dari sekolah menengah pertama, ia dan keluarganya kembali ke Indonesia. Dan ia pun meneruskan SMA nya di Yayasan Pendidikan Islam Pembangunan 3 Bekasi.

Aldo merupakan pria keturunan India. Ketertarikannya dengan musik DJ membuatnya ingin mengenal lebih dalam dunia DJ. Setelah lulus dari seklah menengah atas, Aldo melanjutkan studi nya di Universitas Sumatera Utara dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Seiring dengan kuliah sambil belajar sendiri tentang DJ, Aldo kemudian masuk ke salah satu sekolah DJ yaitu di Beatdisc. Ia masuk Beatdisc pada tahun 2014 dan selama 3 bulan. Ketika ia belajar di Beatdisc, ternyata Aldo juga ditawari untuk masuk management DJ nya yaitu Filter.
Marak dan semakin banyaknya orang yang menyukai musik DJ, membuat permintaan seorang DJ pun semakin banyak pula. Kemampuan DJ dalam aksi memilih dan memainkan rekaman suara untuk pendengar yang menginginkan membuatnya sangat dicari pada saat ini. Begitu pula dengan Aldo. Beberapa tahun belakangan ini, ia mulaai dibanjiri dengan job-job untuk nge-DJ dan membuatnya senang sehingga meningkatkan pula isi dalam kantongnya. Dan menurut Aldo sendiri, penikmat musik DJ saat ini bukan hanya anak-anak muda saja, melainkan sudah dari berbagai kalangan juga.

LEAVE A REPLY