Tari Tortor, Budaya Batak yang wajib diketahui oleh mahasiswa USU

0
986

Siapa sih yang ga tahu tari tortor? apalagi kita yang tinggal di medan kan sudah familiar sekali dengan tarian khas dari suku batak ini. Tortor adalah tarian seremonial yang disajikan dengan musik gondang dengan gerakan yang didominasi oleh kedua tangan, ada yang unik dari tarian satu ini yaitu penari harus menggunakan kain khas masyarakat batak (baca : ulos) dan menggunakan gondang/uninguningan.

 
Ada tiga konsep dasar kenapa tarian ini diselenggarakan, Masyarakat batak biasanya menyelenggarakan margondang (sebutan untuk penyelenggaraan tarian tortor) pada saat Margondang pesta, yaitu dimana kegiatan yang menyertakan gondang dan merupakan suatu ungkapan kegembiraan dalam konteks hibuan atau seni pertunjukkan, misalnya : gondang pembangunan gereja, gondang naposo, gondang mangompoi jabu (memasuki rumah) dan sebagainya.

Kedua margondang adat, suatu kegiatan yang menyertakan gondang, merupakan aktualisasi dari sistem kekerabatan Dalihan Na Tolu, misalnya : gondang mamampe marga (pemberian marga), gondang pangoli anak (perkawinan), gondang saur matua (kematian), kepada orang di luar suku Batak Toba, dan sebagainya.

 
Dan yang terakhir Margondang Religi, upacara ini pada saat sekarang hanya dilakukan oleh organisasi agamaniah yang masih berdasar kepada kepercayaan batak purba. Misalnya parmalim, parbaringin, parhudamdam Siraja Batak. Konsep adat dan religi pada setiap pelaksanaan upacara oleh kelompok ini masih mempunyai hubungan yang sangat erat karena titik tolak kepercayaan mereka adalah mula jadi na bolon dan segala kegiatan yang berhubungan dengan adat serta hukuman dalam kehidupan sehari-hari adalah berdasarkan tata aturan yang dititahkan oleh Raja Sisingamangaraja XII yang dianggap sebagai wakil mula jadi na bolon.

Eitss…tapi ada pantangan yang harus kamu hindari pada saat menarikan tarian ini,┬áseperti tangan si penari tidak boleh melewati batas setinggi bahu ke atas, bila itu dilakukan berarti si penari sudah siap menantang siapa pun dalam bidang ilmu perdukunan, atau adu pencak silat (moncak), atau adu tenaga batin dan lain-lain.

Yang belum pernah nyoba nari tortor coba deh, pasti seru!

LEAVE A REPLY