TIDUR PAKAI KIPAS ANGIN? BAHAYA!

0
1439

Sobat kampus, cuaca di kota medan memang terkenal panas dan bikin gerah yaa… tidak jarang malah saking panasnya ngebuat orang pengen ikutan marah dan malas beraktifitas diluar rumah, ini juga dibarengi dengan keadaan Kota Medan di malam hari.

 
Tidak sedikit orang menggunakan AC atau kipas angin yang harganya sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan AC.Kipas angin merupakan salah satu langkah alternatif untuk menggerakkan angin menjadi lebih dinamis hingga udara tak terlampau panas. Dulu orang memakai kipas angin buatan dari bahan simple, tetapi sekarang kipas angin sudah menjelma menjadi benda Modern yang bisa bekerja terus terusan sepanjang malam.

 
Tapi tau ga sob,kalau banyak media kesehatan online sudah melansir banyaknya bahaya yang ditimbulkan akibat tidur menggunakan kipas angin, kini anakusu.com telah merangkumnya untuk kamu semua sob, cekidot!

 
1. Tubuh kekurangan oksigen
Bahaya yg paling serius dari memakai kipas angin waktu tidur adalah tubuh jadi kekurangan oksigen. Hal tersebut terutama bila arah kipas angin langsung ditujukan ke wajah pada tempat yang tidak memiliki fentilasi.

2. Suhu tubuh menurun drastis
Tidur dengan kipas angin dapat menurunkan suhu tubuh secara drastis. Bila perubahan ini terjadi secara mendadak jadi tekanan darah dan system pernapasan bakal terganggu. Dan akibat paling fatalnya yaitu fungsi jantung serta paru-paru tak berperan optimal.

 
3. Mengalami hipotermia serta dehidrasi
Seorang pakar syaraf, Dr. Wendra Ali, menyampaikan waktu seorang berada dalam ruang dingin kurun waktu yang lama jadi tubuh bakal mengalami kekeringan karena udara dingin akan menyerap air dalam tubuh. Bila terjadi terus terusan sepanjang malam jadi kelembapan tubuh bakal alami penurunan hingga akhirnya berlangsung hipotermia.

 
4. Penyakit Bell Palsy
Penyakit ini disebut juga kelumpuhan, tetapi bukan pada tubuh namun pada wajah. Orang yang sering tidur malam dengan kipas angin memiliki resiko peningkatan ketegangan pada system syaraf dikarenakan suhu dingin yg menerpa wajah terus terusan sepanjang malam, menyebabkan wajah jadi tegang, sulit senyum atau berekspresi.

 
5. Mengakibatkan kematian

Kematian mendadak dapat dialami oleh mereka yang menggunakan kipas angin sepanjang malam waktu tidur, terutama pada ruang yg tidak memiliki fentilasi untuk keluar masuknya udara. Hal ini disebabkan karena ada peningkatan kadar CO2 serta penurunan O2 dalam ruangan.

 
Demikian beberapa bahaya tidur memakai kipas angin. Semestinya jangan mengarahkan kipas secara langsung ke tubuh serta jangan tidur dalam tempat yang buruk sistem fentilasinya.

 
Adanya Fasilitas yang memudahkan tidak mengharuskan kita menjadi orang yang malas bukan?

Imbangi dengan makanan dan asupan gizi yang baik juga agar tubuh mu tetap bugar dalam menjalani kegiatan kampus, sob!

LEAVE A REPLY