Tim HORAS USU Berjaya Di Ajang Shell Eco Marathon Asia 2016

0
959

Shell Eco-marathon adalah kompetisi tahunan yang disponsori oleh Shell, yang mana para peserta diharuskan merancang, membuat, dan mengadu sebuah kendaraan mereka untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar terbaik. Shell Eco-marathon dimulai pada tahun 1939 ketika para ilmuwan Shell saling bertanding menciptakan kendaraan yang paling irit. Bentuk Shell Eco-marathon yang seperti saat ini dimulai pada tahun 1985 di Prancis dan menarik minat ribuan engineerdan ilmuwan muda dari 20 negara di Eropa. Shell Eco-marathon Amerika pertama kali diadakan tahun 2007 di California Speedway. Dan pada tahun 2010, untuk pertama kalinya, Shell Eco-marathon diadakan di Asia, di Kuala Lumpur.

 

Prinsip Shell Eco-marathon cukup sederhana, yaitu merancang dan membuat kendaraan yang menggunakan jumlah bahan bakar paling sedikit untuk menempuh jarak terjauh. Setiap tim dapat mengikuti kategori futuristikprototype : kendaraan streamline yang mana aspek perancangannya hanya memperhatikan masalah pengurangan drag atau gaya hambat udara dan pemaksimalan efisiensi. Terdapat juga kategori yang lebih mirip kendaraan sebenarnya yaitu kategori urban concept. Bahan bakar konvensional seperti solar, gasoline, dan LPG dapat dijadikan alternatif, demikian juga bahan bakar ethanol, hidrogen, biosolar atau tenaga surya. Perancangan kendaraan hanya dibatasi oleh imajinasi peserta dengan berdasarkan peraturan dari panitia. Kompetisi ini diikuti oleh berbagai macam kalangan mulai dari kalangan amatir yang antusias sampai tim dari universitas‐universitas di dunia dengan berbagai macam desain. Bahkan produsen kendaraan bermotor pun pernah mengikuti kompetisi ini.

 

Untuk tahun 2016 ini, Tim HORAS USU menerbitkan Mesin Prototype G7 & Mesin USU G8 pada kompetisi yang baru saja di gelar di manila, Filipina tanggal 3-6 Maret 2016 lalu, kabar yang tak kalah bergengsi lainnya adalah Tim HORAS USU berhasil menyabet juara 3 pada kategori Urban concept dengan tipe bahan bakar Alternative fuel.

 

 

 

LEAVE A REPLY