Tim Horas USU Optimis Ikuti SEM ASIA 2016

0
1473

MEDAN-anakusu.com : Tim Horas Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara kembali mewujudkan karyanya dalam menciptakan Mobil Prototype G7 dan Mesin USU G8. Hasil karya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara tersebut telah dipamerkan pada acara “Grand launching Of Energy Efficient Vehicle” di Pendopo USU, Senin (30/11/2015). Kedua Mobil tersebut merupakan mobil ke-7 dan ke–8 yang pernah diciptakan Tim Horas. “Rencananya mobil ke 7 dan 8 ini nanti yang akan dibawa untuk mengikuti kompetisi Shell Eco Marathon (SEM) Asia pada 3 sampai 6 Maret 2016 mendatang di Manila, Filipina,” ungkap Dr. Eng. Himsar Ambarita selaku Dosen Pembimbing Tim Horas USU di sela-sela peluncuran mobil Prototype G7 dan Mesin USU G8.

Mobil Horas 1

Himsar juga menambahkan, prinsip yang harus dipegang Tim Horas dalam menghadapi ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia nantinya adalah bagaimana merancang dan membuat kendaraan menggunakan jumlah bahan bakar paling sedikit namun dapat menempuh jarak yang paling jauh. Kemudian setiap tim bisa mengikuti kategori futuristic prototype, berupa kendaraan streamline, dimana aspek perancangnya hanya memperhatikan masalah pengurangan drag atau gaya hambat udara dan pemaksimalan efisiensi.
Hadir dalam acara peluncuran mobil Horas,  Pejabat Rektor USU Prof. Subhilhar PhD, Dekan Fakultas Teknik USU Prof. Bustami Syam, perwakilan Disdik Sumut Saut Situmorang serta beberapa sponsor yang mendukung persiapan Tim Horas USU, seperti: Bank Sumut, Shell, Swallow, dan Pemprovsu.

Mobil Horas 2

Manajer Utama Tim Horas generasi keempat Teguh Imam Widodo mengatakan, “kami ingin membuat inovasi yang baru dengan membuat prototipe dan kami ingin tantang negara lain. Di prototype ini jarang Indonesia menang. Jadi, kami tertantang menggunakan prototype,” ungkap Teguh.
Berdasarkan spesifikasi, mobil Prototype G7 adalah mobil yang dibuat dengan sistem pengapian baru. Kelebihannya lebih hemat pembakaran dan sempurna. Sedangkan mobil USU G8 merupakan mobil urban concept seperti city car yang banyak digunakan pada masa sekarang ini. Selain itu, sistem transmisi juga telah dikembangkan menjadi lebih ringan dan efisien. Begitu juga dengan sistem bahan bakar juga telah dimodifikasi dengan sistem injeksi yang menggunakan sistem otomatisasi dan komputerisasi. Rangka mobil Prototype G7 dan mesin USU G8 juga memilki perbedaan dari mobil–mobil Horas USU sebelumnya, dimana rangka mobil ke 7 dan 8 ini tidak lagi menggunakan carbon steel tapi sudah menggunakan allumunium alloy. Begitu juga body, sudah tidak lagi menggunakan fiber class melainkan Fiber Carbon. Teguh juga menambahkan, mobil yang diciptakan ini ditargetkan dapat menempuh jarak 2.000 Kilometer dengan menggunakan bahan bakar 1 liter Ethanol.

Mobil Horas 3

ada kesempatan peluncuran mobil Horas ini, Pj. Rektor USU Prof. Subhilhar,PhD juga menyambut baik rencana Tim Horas USU yang akan kembali mengikuti Kompetisi Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2016 nanti. “Kita berharap agar tim, bisa mementingkan kerjasamanya. Mempersiapkan segala kebutuhan untuk perlombaan nanti, baik itu persiapan mental maupun persiapan kesehatan yang memang harus tetap prima pada saat bertanding nanti,” ungkap Pj. Rektor.

Mobil Horas 4

Tercatat, Tim Horas USU juga pernah meraih juara pertama dan kedua dalam ajang Sheell Eco Marathon (SEM) Asia 2014 di Manila, Filipina. Pada tahun 2015, Tim Horas USU juga pernah meraih prestasi juara 2 di kelas Ethanol pada ajang yang sama di Filipina dan pada tahun 2016 nanti, Tim Horas optimis untuk kembali mengikuti ajang bergengsi tersebut di Filipina. “Kita Optimis, Tim Horas USU akan memperoleh juara lagi pada pada kompetisi SEM Asia 2016 nanti. Karena mobil yang dibuat tim berbeda, terlebih tim juga sudah mempunyai nama. Harapannya juga setelah bertanding nanti, tim harus mencari generasi selanjutnya agar usaha dan ilmu yang ada dapat diteruskan oleh angkatan selanjutnya dan tidak hilang. Saat ini yang akan mengikuti SEM Asia 2016 nanti adalah generasi angkatan ke IV Tim Horas, terdiri dari 16 orang yang akan terbagi kedalam dua tim,” pungkas Himsar. (humas)

wah keren yaaa Tim Horas USU,Hidup anak FT USU!

Semoga sukses mengiringi Tim Horas USU untuk membawa nama harum Universitas Sumatera Utara ke kancah internasional yaa sobat kampus 🙂

sumber : Usu.ac.id

LEAVE A REPLY