Siapa bilang liburan ke luar negeri sekarang mahal? Sudah saatnya kita menginjakkan kaki dan mengambil pengalaman di negeri orang ketika berstatus mahasiswa. Mari melihat dan merasakan udara yang berhembus di luar Indonesia. Menjadi asing dan beradaptasi cepat dengan lingkungan sekitar.

Ayo tunggu apalagi, buat paspor kamu sekarang dan mulai cari low-cost airline ke luar negeri. Dari mana biayanya? Kamu berarti belum membaca tulisan yang sangat inspiratif dari Guru Besar Universitas Indonesia, Prof. Rhenald Kasali yang berjudul Paspor. Berikut petikan tulisan tsb:

“Saat anak-anak Indonesia ketakutan tak bisa berbahasa Inggris, anak-anak Korea dan Jepang yang huruf tulisannya jauh lebih rumit dan pronounciation-nya sulit dimengerti menjelajahi dunia tanpa rasa takut.
Uniknya, anak-anak didik saya yang sudah punya pasport itu 99% akhirnya dapat pergi keluar negeri.
Sekali lagi, jangan tanya darimana uangnya. Mereka memutar otak untuk mendapatkan tiket, menabung, mencari losmen-losmen murah, menghubungi sponsor dan mengedarkan kotak sumbangan. Tentu saja, kalau kurang sedikit ya ditomboki dosennya sendiri.”

Masih belum yakin kalau kamu bisa liburan ke luar negeri dengan biaya minim? Simak tips liburan murah ke luar negeri berikut ini:

1. Urus Paspor Segera

paspor indonesia

Paspor adalah surat ijin memasuki dunia global. Dengan adanya paspor, keinginan kamu ke luar negeri pasti melonjak tajam. Saat ini proses pengurusan paspor sangat mudah dan cepat dengan adanya pendaftaran online.

2. Rajin Mencari Tiket Murah

low cost airline

Internet membuat segala hal mudah ditemukan. Tunggu apalagi, segera mulai browsing tiket murah ke luar negeri dari low-cost airline, seperti Air Asia. Dengan booking jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, kamu juga bisa dapat tiket yang sangat murah. Pernah bayangkan tiket Kuala Namu – Kuala Lumpur hanya Rp 200.000,- an.

3. Rencanakan Perjalanan dengan Cerdas

backpacker itinerary

Rencana perjalanan atau bahasa kerennya itinerary sangat penting. Mulai dari berapa lama rencana liburan kamu, hostel tempat menginap, destinasi wisata tujuan, transportasi dan tata krama di daerah tsb. Rencanakan itinerary kamu sedetail mungkin, apa yang akan kamu lakukan sesampainya di bandara tujuan dan sampai bagaimana kamu kembali ke Kuala Namu. Semua informasi tersedia gratis di internet.

4. Pergi ke Negara bebas Visa bagi warga Indonesia

negara bebas visa Indonesia

Pengurusan visa masuk ke suatu negera memerlukan biaya, kurang cocok untuk kantong mahasiswa yang umumnya pas-pasan. Tenang saja, banyak negara yang memberikan cap bebas visa bagi warga negara Indonesia, seperti Malaysia, Singapura, Maroko dan banyak lagi.

5. Pergi bersama teman

backpacker tips murah ke luar negeri

Gak ada lu, gak rame. Slogan ini pas buat kamu yang ingin liburan ke luar negeri bersama teman-teman kampus. Ajak teman kamu yang asyik buat menjelajahi jalan-jalan di negeri asing. Selain membuat perjalanan semakin asyik, kamu dapat sharing cost dengan teman kamu. Dengan sharing cost, biaya perjalanan akan semakin murah.

Itu dia 5 tips liburan murah ke luar negeri a la mahasiswa. Bagi kamu yang sudah pernah liburan ke luar negeri, mari berbagi cerita pengalaman kamu di komen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here