Jangan biarkan suasana liburan rusak karena budget yang tidak terkontrol, salah memilih hotel, atau pun salah menentukan tujuan wisata.

 SETELAH menjalani rutinitas kegiatan sehari-hari, berlibur bersama teman atau keluarga pasti seru dan menyenangkan. Agar kesenangan tidak terganggu, rencanakan persiapan dengan matang agar biaya liburan tetap terkontrol. Mulailah rencanakan liburan, dan menyisihkan uang untuk bersenang-senang. Berikut beberapa tips agar liburan dapat berlangsung seru dan menyenangkan.

Lakukan survei

Tentukan tuuan wisata dan daerah yang akan dikunjungi. Informasinya bisa didapat dengan cara browsing atau dan bertanya pada teman-teman. Kumpulkan informasi lengkap tentang objek wisata, transportasi, hotel,  tempat oleh-oleh, dll.

Waktu

Usahakan tidak berlibur di masa high season, misalnya libur sekolah, Lebaran, Natal dan Tahun Baru, dll. Biasanya di masa-masa itu tarif penerbangan dan hotel menjadi lebih mahal.

Akomodasi

Pilih akomodasi sesuai dengan anggaran. Jika aktivitas liburan banyak dilakukan di luar ruang, berarti hotel hanya dijadikan tempat transit dan tidur. Pilihlah penginapan yang sederhana tapi bersih dan nyaman jika memang fokus liburan lebih banyak aktivitas luar ruang.

Konsumsi

Cari informasi tempat makan yang nyaman dan enak. Bila melakukan perjalanan darat, tidak ada salahnya membawa cooler box untuk tempat minuman.

Transportasi

Bisa dipertimbangkan untuk membeli tiket pesawat jauh-jauh hari agar mendapat harga murah. Jika perjalanan dilanjutkan lewat darat, lebih nyaman menyewa mobil ketimbang menggunakan taksi.

Buah Tangan

Kebiasaan berlibur adalah membawah buah tangan atau oleh-oleh. Jangan kalap, buat daftar yang akan diberi oleh-oleh, kemudian mulai memikirkan sentra oleh-oleh sesuai dengan budget.

Bawa Uang Secukupnya

Liburan kerap kali membuai kita untuk mengeluarkan uang di luar anggaran. Bawalah uang secukupnya saja, dan cobalah mencatat pengeluaran. Cara ini bisa mengingatkan kita untuk tidak keluar dari budget yang sudah ditetapkan. Catat seluruh pengeluaran setiap hari selama liburan, baik tunai, kartu debit,  atau pun kartu kredit.

LEAVE A REPLY