Tips Singkat Untuk Antisipasi Kehilangan Smartphone

0
1346

Tidak bisa lepas dari smartphone kesayangan Anda? Semua kegiatan sangat bergantung pada benda tersebut. Karena ponsel, Anda bisa melakukan dan mengetahui semua hal tentang dunia.

Tapi, apa yang terjadi jika kehilangan ponsel Anda. Entah di dalam taksi ketika pulang  larut malam, terselip di pinggir sofa depan TV, atau tertinggal di coffee shop semalam.

Ketika hal itu terjadi, mungkin pertanyaan Anda adalah what should I do, now? Beruntunglah kita berada di generasi canggih karena kini sudah bisa menggunakan beragam aplikasi atau fitur yang tersedia di smartphone untuk menemukan gadget kita yang hilang.

Berikut cara yang bisa membantu Anda:

1. Pengguna iPhone

Find My iPhone merupakan aplikasi iOS yang diciptakan untuk mendeteksi keberadaan iPhone, cara mengaktifkannya adalah klik setting, iCloud dan tekan enable find my iPhone. Dan jika Anda kehilangan iPhone tinggal sign in di iCloud dari komputer lalu dan lacak keberadaan iPhone Anda.

Find My iPhone akan membantu dengan menunjukkan peta lokasi iPhone Anda dan juga disertai dengan aplikasi suara.

Find My iPhone juga memiliki fitur Lost Mode. Jika iPhone hilang, Anda dapat secara langsung mengunci smartphone dengan kode sandi (4 digit) dan kemudian menampilkan nomer telepon Anda di layar ponsel. Hal ini dilakukan agar orang yang menemukannya bisa langsung menghubungi Anda tanpa harus mengakses data lainnya.

Perlu diingat bahwa Find My iPhone dan Lost Mode hanya bisa digunakan jika telepon dihidupkan dan terhubung ke jaringan selular atau Wi-Fi.

Find My ipHone bisa didapatkan di App Store atau lewat tautan ini.

 

2. Pengguna Android

Fitur yang dihadirkan oleh Google untuk menemukan Android yang hilang adalah Android Device Manager. Android Device Manager diaktifkan melalui Google Apps. Fitur locator diaktifkan secara default, dan juga fitur opt-in yang bisa Anda gunakan untuk mengunci perangkat atau menghapus data dari jarak yang jauh.

Untuk menggunakan fitur locator, Anda bisa masuk ke Android Device manager dan log in menggunakan akun Google Anda. Kemudian akan ada tampilan untuk permohonan izin Android Device Manager untuk menggunakan data lokasi Anda. Klik “Accept” untuk melanjutkan.

Ada tiga pilihan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, pertama Anda bisa menemukan ponsel di lokasi terakhir menggunakan, kedua Anda bisa memilih ring untuk membunyikan perangkat, dan ketiga Anda bisa mengatur ulang atau reset semua aplikasi, hal ini tentu akan menghapus semua data Anda, seperti aplikasi, foto, musik dan smartphone Android akan kembali ke pengaturan awal seperti baru.

Android Device Manager bisa didapatkan di Play Store atau lewat tautan ini.

 

3. Pengguna Windows

Microsoft Windows Phone 8 menawarkan layanan yang hampir sama dengan Android Device Manager yang disebut Find My Phone. Anda cukup log in ke Windowsphone.com dan menggunakan ID dan password Microsoft Anda yang telah dimiliki sesuai akun yang ada di smartphone Anda. Kemudian akan ada pilihan untuk menemukan ponsel, membunyikan ponsel ataupun menghapus semua data.

Untuk lebih lengkap Anda bisa menuju tautan ini untuk mempelajarinya dan menggunakannya.

Itu tadi beberapa fasilitas standar yang bisa digunakan pengguna yang kehilangan smartphone mereka. Tentunya sebelum menggunakan berbagai aplikasi atau fitur ini Anda perlu mengatur terlebih dahulu agar fungsi pencarian smartphone-nya bisa dilakukan. Jadi jika belum, Anda bisa mulai mengunduh atau melakukan pengaturan lewat tautan yang dibagikan di atas.

Gambar header: Lost phone via Shutterstock. 

LEAVE A REPLY