Unik! Medan Punya Gereja Arsitektur Kuil India

0
1958

Sekilas bangunan ini tampak seperti kuil. Namun jika diperhatikan lagi, ternyata bangunan ini adalah gereja katolik dan merupakan salah satu gereja berarsitektur Indo-Mongul  di Indonesia yang selalu dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Graha Maria Annai Velangkanni namanya. Dibangun sejak September 2001 s.d. September 2005 dan dibuka resmi oleh Plt. Gubernur Sumatera Utara Drs. Rudolf M. Pardede, sedangkan pemberkatan dilakukan oleh Mgr. A. G. Pius Datubara OFM Cap Uskup Agung Medan pada 1 Oktober 2005. Gereja ini terletak di Perumahan Taman Sakura Indah, Jalan Sakura III No. 7-10, Tanjung Selamat, Medan. Pernah lihat?

PicsArt_1451022586707

Gereja yang didesain oleh Pastor James Bharataputra S.J. (seorang berasal dari India) tersebut memuat lima miniatur, di antaranya miniatur Jerusalem (Gereja Maria), miniatur Kana (kantin), miniatur Nazareth (Kapel Bunda Maria), miniatur Roma (Kapel St. Yohanes Paulus II), dan miniatur Bethlehem (Taman Bethlehem). Juga terdapat tiga buah miniatur rumah tradisional Batak yang berdiri di atas gapura pintu masuk.

Berfoto dengan Pastor James Bharataputra S.J.
Berfoto dengan Pastor James Bharataputra S.J.
Kapel St. Yohanes Paulus II
Kapel St. Yohanes Paulus II
Taman Bethlehem
Taman Bethlehem

Bangunan serbaguna yang asli ini terdiri dari dua tingkat, yaitu gedung pertemuan pada lantai satu dan tempat ibadah di lantai dua, dilengkapi dengan balkon dan tujuh tingkat menara dengan tiga kubah. Setiap ornamen dan pewarnaan gereja dilakukan oleh tangan-tangan amatir dengan makna dari kitab suci, yaitu hitam (warna kegelapan dan kedosaan), abu-abu (warna pertobatan), putih (warna kesucian), merah (warna pengorbanan), hijau (warna kehidupan), biru (warna surga), dan kuning emas (warna kemuliaan).

Selain itu, pada Kapel Bunda Maria terdapat sumber mata air yang diyakini sebagai keajaiban, sehingga banyak umat yang berduyun-duyun untuk bisa menikmati air tersebut.

Penasaran? Langsung saja menyaksikan keunikan gereja ini!

LEAVE A REPLY