Untukmu Mahasiswa Baru: Tiga Hal Saja!

0
191
(Artikel ini pertama kali diposting di Pajus.id)

Merasa puas lulus di Universitas yang diimpikan setelah melihat nama terselip di pengumuman kelulusan. Eitts. Itu baru awal dari perjalanan yang sesungguhnya.

“A journey of a thousand miles begins with a single step”

Sesuai dengan quote itu, kelulusan di jurusan impian adalah langkah pertama dan ribuan mil perjalanan telah menanti untuk dijelajahi.

Seorang penjelajah tentunya harus mempersiapkan bekal. Kesiapan bekal ini berperan atas berhasil atau tidaknya perjalanan kamu. Setuju atau tidak, quote ini ada benarnya:

“By failing to prepare, you are preparing to fail”.

Artinya? Gagal dalam persiapan, kamu mempersiapkan diri untuk gagal.

Bukan tidak ada seorang siswa yang ketika di bangku SMA rajin belajar tapi ketika menjadi mahasiswa kemampuan akademiknya menurun. Karena apa? Banyak faktor, salah satunya gagal mempersiapkan diri menjadi mahasiswa.
Menjadi seorang mahasiswa berarti tidak ada seragam ketika kuliah, tidak ada guru yang menghukum kamu ketika terlambat dan kebebasan lain yang harus kamu ikuti dengan tanggungjawab.

Sumber Foto: Kompasiana
Sumber Foto: Kompasiana

Siapa tahu saat ini kamu masih dilanda euforia kelulusan dan terlupa membekali diri. Semoga tiga hal ini dapat menjadi bahan pikiran:

1. Be Socialize
Ini bukan menuntut kamu menjadi seorang “sosialita” yang ke kampus dengan mobil mewah dan tas Hermes Birkin. Be socialize artinya bersosialisasi atau bergaul dengan semua kalangan. Menurut KBBI, sosialisasi artinya proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat dalam lingkungannya.
Nah, kamu harus mengenal dan menghayati lingkungan kampus dengan membangung komunikasi ke semua orang.
Kampus itu tempat berkumpulnya pemuda-pemudi Indonesia yang datang dari berbagai daerah dengan suku, agama dan budaya masing-masing. Bhinneka Tunggal Ika. Bila di SMA kamu hanya bergaul dengan teman-teman satu kota yang cenderung memiliki karakter budaya yang sama. Di kampus kamu akan menjumpai teman-teman dari berbagai suku dan agama. Bersikaplah ramah, easy going dan suka menolong.
Satu hal lagi, seringlah baca mading, koran/majalah kampus dan ikuti akun sosmed kampus. Karena disitulah informasi beasiswa dan acara kampus berseliweran.

2. Softskill Itu Penting
Ada dua mahasiswa. Pertama, mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik bagus, nilai A semua, tapi selfish, tidak mau mengajari teman yang tidak paham materi. Kedua, seorang mahasiswa dengan kemampuan akademik standar, nilai kuliah rata-rata B, ramah dan suka bantu teman. Mana yang kamu pilih? Sebelum kamu jawab, jadilah yang mahasiswa ketiga yang hard skill dan soft skillnya tinggi.
Apa itu softskill? Menurut Dennis E. Coates, softskill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skills) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal. Contoh interpersonal skills adalah kemampuan bekerja sama dalam kelompok dan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Sedangkan intrapersonal skills adalah kemampuan mengendalikan emosi, manajemen waktu yang baik adn selalu positive thinking.
Bagaimana meningkatkan softskill? Banyak membaca, bergaul, mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), seminar dan kegiatan amal.
Perhatikan quote dari M.S. Rao dalam bukunya “Soft Skills – Enhanching Employability: Connecting Campus with Corporate:

“Hard skills may get defunct over a period of time due to the changing technology. But soft skills stay on forever.”

(Hard skills bisa hilang tergerus perubahan teknologi. Tapi soft skills tetap ada selamanya.)

3. Brace yourself
Ini tentang mental kamu sebagai mahasiswa. Pegang teguh kejujuran, tanggung jawab dan ketekunan. Akan banyak tantangan dan rintangan ketika kamu menapaki semester demi semester hingga mengenakan toga, tanda gelar Sarjana boleh disandang.
Terlebih bagi mahasiswa perantauan. Jawablah impianmu dan orang tuamu dengan prestasi akademik. Ikuti kompetisi-kompetisi akademik, ini akan menjadi proses belajar yang berharga, apalagi kamu bisa jadi juara, tentu sangat berharga, karena dapat hadiah kan. Hehehe.

Ini hanya buah pikiran yang masih sangat mungkin untuk didiskusikan. Bisa jadi ada teman-teman kamu yang akan sangat berterima kasih jika kamu bagikan ini kepada mereka. Berbagi itu indah.

 

LEAVE A REPLY