USU Umumkan 8 Nama Calon Rektor

0
1116

anakusu.com-Medan : Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatera Utara Prof. Todung Mulya Lubis, mengumumkan 8 (delapan) nama calon Rektor USU periode 2016-2021 yang lolos verifikasi. Pernyataan yang disampaikan dihadapan wartawan media cetak dan elektronik itu digelar di Ruang MWA gedung BPA USU pada Rabu (13/01/2016).

Didampingi Sekretaris MWA USU Fahmi Natigor Nasution dan Ketua Penjaringan Calon Rektor USU Panusunan Pasaribu, Prof. Todung menyebutkan, delapan nama calon yang lolos tersebut adalah Prof. Runtung Sitepu (Dekan Fakultas Hukum USU), Drs. Muhammad Takari, MHum, PhD, (Ketua Program Studi Etnomusikologi USU), Dr. Tumpal H Siregar (Badan Penelitian Karet Sei Putih), Prof. Zulkifli Nasution, MSc (Wakil Rektor I USU).
Selanjutnya, Prof. Dr. Ritha F Dalimunthe (Pimpinan Inkubator Bisnis CIKAL USU), Dr. OK. Saidin, SH, MHum (Wakil Dekan III USU), Prof. Dr. Ir. Rosdanelli Hasibuan, MT (Guru Besar Fakultas Teknik USU), dan Prof. Subhilhar (Penjabat Rektor USU).

Carek 1

Dijelaskan, nama yang tidak lolos dalam proses verifikasi tersebut adalah Dr. Maksum Sahri Lubis (Staf BKD Pemprovsu), dikarenakan tidak ada izin dari pimpinan yang bersangkutan. Proses penjaringan atau pendaftaran, kata Prof. Todung, sudah dimulai pada 28 Desember 2015 dan berakhir 8 Januari 2016. Dan pada tahap tersebut terdaftar 11 nama, lalu 2 (dua) nama gugur karena tidak mengembalikan formulir.

 

Prof. Todung mengatakan, dengan proses yang cepat dan singkat karena memburu waktu ini, USU berkeinginan untuk menjaring putra-putri terbaik bangsa dari kalangan kampus maupun luar kampus untuk membawa USU ke arah yang lebih baik. Menurutnya, mekanisme pemilihan rektor sudah diatur dalam peraturan Statuta USU yaitu dengan musyawarah dan mufakat. Diakuinya, saat ini USU mengalami beberapa masalah seperti isu akreditasi yang merupakan agenda yang perlu menjadi prioritas bagi rektor USU baru ke depannya. “Walaupun saya bukan dari USU tapi saya mencintai USU dan berharap figur rektor terpilih adalah seorang yang kredibel, professional, visioner, memiliki integritas, dan menginspirasi,” ucap Prof. Todung.

Carek 3

Dengan beberapa kriteria itu, tambahnya, siapapun rektor USU diharapkan dapat membawa USU menjadi Perguruan Tinggi yang unggul, diminati, disayangi dan disegani serta diperhitungkan kiprahnya.

 

Sementara Ketua Penjaringan Calon Rektor USU Panusunan Pasaribu mengatakan, verifikasi berkas persyaratan administrasi kesembilan calon rektor sudah dilakukan panitia pada 11-12 Januari 2016. Proses akhir pemilihan rektor dilakukan melalui debat publik di depan sivitas akademika USU dan umum. “Disitulah mereka akan menyampaikan visi dan misinya didepan sejumlah dosen, guru besar, MWA, Senat Akademik (SA), para mahasiswa, dan masyarakat umum,” ujar Panusunan Pasaribu.
Lalu, tambahnya, setelah dilakukan penyaringan untuk memilih tiga orang calon terbaik oleh Senat Akademik (SA) USU pada 19 Januari 2016, dilanjutkan dengan rapat MWA pada 20 Januari 2016, selanjutnya MWA akan melakukan pemilihan rektor pada 21 Januari 2016 di Jakarta. “Saat itulah USU telah memiliki rektor yang definitif yang membawa perbaikan dan perubahan, demi kemajuan USU masa depan yang lebih baik,” tutup Panusunan Pasaribu.

 

Sumber : usu.ac.id

LEAVE A REPLY