Zakatnesia – Untuk Pembangunan Indonesia Yang Lebih Baik Lagi

0
1123
Foto Via : Sunario Aritonang

Seperti yang kita tahu bersama zakat memiliki peran yang cukup banyak, salah satunya adalah untuk Pemerataan pembangunan di Indonesia yang  saat ini masih cukup labil, banyak faktor yang mempengaruhinya sehingga pembangunan di Indonesia tidak merata, diantara banyak nya masalah tersebut ada sebagian masalah seperti kurangnya lapangan kerja, kecilnya tingkat pendidikan yang baik dan Kurangnya pengetahuan kreatif masyarakat dan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat.

Dewasa ini, seperti kita ketahui tidak hanya pajak yang ikut membangun negeri ini ke arah yang lebih maju. tapi juga zakat ikut menyumbang perubahan untuk Indonesia ke arah yang lebih positif. Di Indonesia, sektor perpajakan yang berlaku telah menempatkan Zakat sebagai unsur yang tidak dipisahkan dalam pemenuhan kewajiban perpajakan para wajib pajak.  ini guna kedua sektor tersebut dapat saling mendukung antara kewajiban pemerintah dan agama sehingga dapat beriring berjalan bersama-sama, dibuktikan dengan hadirnya undang-undang pengecualian objek pajak bagi penerima zakat,badan amil dan para penerima zakat yang pastinya mendukung keduanya untuk ditunaikan secara baik.

Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, dalam diri setiap muslim tertanam kewajiban untuk menegakkan pilar Agama Islam yang salah satunya adalah zakat. Zakat merupakan kewajiban yang sangat penting dalam ajaran islam dan menjadi salah satu dari lima rukun Islam. Konsepnya adalah proses penyucian terhadap harta dan jiwa, terhadap apa yang kita miliki dan hasilkan. Dan kita tahu bahwa proses penyucian ini berarti kita melakukan verifikasi dan validasi secara terus menerus terhadap harta dan jiwa yang kita miliki.

Lalu, Kenapa harus berzakat?

Peranan zakat tidak hanya terbatas kepada kewajiban dan keharusan dari si pembayar. Akan tetapi bertujuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan masyarakat lainnya. Dapat diketahui bahwa salah satu peranan zakat adalah membantu mengentaskan kemiskinan, menyeimbangkan rasa sosial, menegakkan keadilan dan peranan yang tak kalah penting adalah zakat menyatukan hati para warganya untuk dapat loyal kepada Islam dalam membantu segala permasalahan yang ada di dalamnya.

Bisa kita bayangkan, jika seorang berzakat bisa mengurangi angka kemiskinan sudah berapa juta jiwa terbantu dengan adanya zakat ?

Dengan berkurangnya kemiskinan,meningkatnya kualitas pendidikan, banyaknya sektor kesehatan yang berjalan, zakat dapat membantu Indonesia dalam membangun kualitas negerinya secara merata, baik di tingkat sosial,budaya,kesehatan dan perekonomian.

Al-Qur’an mengisyaratkan agar zakat atau infak dikelola secara profesional. Itu dapat dipahami dari keterangan Al-Qur’an yang menghargai jasa para amil sehingga mereka ditetapkan sebagai salah satu dari delapan golongan yang berhak memperoleh pembagian zakat. Jika prinsip ini dapat dijalankan maka harta yang dikumpulkan melalui zakat dapat menjadi produktif.

Berbicara tentang pengelolaan Zakat secara Profesional, Zakatnesia oleh Dhompet Dhuafa hadir ditengah masyarakat dengan konsep yang sangat memudahkan masyarakat dalam membayar zakat itu sendiri. Zakatnesia oleh Dhompet Dhuafa juga mempunyai misi agar publik semakin mengetahui bahwa kewajiban berzakat sangat penting demi perubahan disamping manfaat yang diperoleh oleh si pembayar zakat itu sendiri, Dhompet Dhuafa  publik pun diharapkan mengetahui keberkahan manfaat zakat sehingga tidak perlu memikir dua kali untuk menyucikan hartanya dengan berzakat.

Dengan model gerakan zakat seperti ini, diharapkan masyarakat luas juga berzakat itu tidak ada ruginya dan sama sekali tidak ada gunanya. Melalui Program Zakatnesia dari Dhompet Dhuafa diharapkan adanya pola perubahan yang baik bisa tumbuh di kalangan semua warga masyarakat indonesia, yang berpenghasilan tinggi mampu menyalurkan zakatnya dengan mudah dan aman agar Kesenjangan antara si kaya dan si miskin dalam masyarakat pun mampu sirna dengan sendirinya. Zakatnesia mengajak kita untuk menghapus Kesenjangan sosial tersebut dengan mendorong peningkatan amal diri kita terhadap Pencipta kita.

Terbukti dengan banyak nya Program – Program pemberdayaan Dompet Dhuafa yang sudah berhasil dilakukan oleh lembaga tersebut, salah satu bukti nyatanya adalah pemberdayaan zona madina di wilayah parung bogor , secara tidak langsung dengan hadirnya program pemberdayaan masyarakat ini mampu menaikkan taraf hidup warga sekitar dan membantu sedikit demi sedikit pembangunan agar bisa berjalan secara efektif dan efisien.

Zakatnesia dalam peranannya tidak lain agar manusia bisa memandang bahwa zakat sejatinya adalah bagian dari gaya hidup yang harus di terapkan agar potensi keburukan diri bisa hilang dan kebaikan bisa tumbuh dan berkembang. Diharapkan dengan adanya zakatnesia Potensi kebaikan yang akan lebih dominan muncul diantara keduanya, karna jelas saja, zakat menyucikan harta dan jiwa, bukan?

Zakatnesia, Pengelolaan Zakat secara Profesional untuk Indonesia yang lebih baik lagi.

———————————————————————————————————————————

Nah untuk kamu yang mau berzakat, Infaq, besedekah dan berwakaf ke Dompet Dhuafa Ajah!
dan Buat sobat kampus jangan lupa juga untuk ikutan kompetisi menulis Zakatnesia dari Dhompet Dhuafa seperti dibawah ini ya sob.

zakatnesia
Good luck!

LEAVE A REPLY